My Pregnant’s Story (Part 1)


Dear readers..(bingung mau nyebut siapa disini..)

Ini adalah story pertama saya, meskipun kemaren saya uda sedikit share, tapi itu adalah murni ke-emosi-an saya. Jadi menurut saya, itu bukanlah cerita kehamilan yang menyenangkan.ย Di part story ini, saya cuma pengen nulis perubahan-perubahan yang terjadi pada diri saya secara spesifik. Jadi saya cuma akan menuliskan pengalaman saya di kehamilan pertama ini. (sekalian nerapin saran buat bikin Pregnant’s Diary, hehe)

Bulan ini usia kandungan saya menginjak minggu ke 20, alias 5 bulan. Dari awal kehamilan, saya ga ngalamin yang namanya ‘mabok’ ataupun ‘teler’, Alhamdulillah๐Ÿ™‚ Dan selama itu pula saya ga ngalamin hal yang aneh-aneh seperti ngidam. Yang saya rasakan selama ini kurang lebih sama dengan waktu saya belum hamil. Artinya saya sehat-sehat saja, yang orang jawa bilang ‘hamil kebo’ (doohh, orang ini yang hamil manusia kok..>,<). Tapi meskipun dibilang begitu, saya slow-slow aja, soalnya enak sihh..hehehe ga ngrasain mabok yang nyampe kudu ‘bedrest’.

Kehamilan pertama saya ini sungguh menyenangkan, soalnya si dedek ga rewel. Ya kalo ga doyan makan itu menurut saya adalah hal wajar. Saya malah sering ngalamin ini. Duuhh, tulisan saya acak-acakan. Mending saya bikin bentuk list aja kali yah??

Ini nih yang saya alamin selama kehamilan:

  • Yang paling perdana itu yang pasti telat menstruasi. Hehe..( ya iyalah, kalo ga telat bukan hamil namanya)
  • Sering banget kebelet pipis. Bentar-bentar pipis, meskipun cuma minum air dikit.
  • Cepet laper.ย Di konteks ini, saya lapernya bukan laper nasi, tapi laper cemilan. Alhasil biar ngemilnya sehat dan bikin kenyang, saya sering tuh makan jagung manis rebus. Itu di awal hamil, sekitar 2bulanan, saya doyan banget makan jagung manis, padahal satu biji harganya 1000, dan sekali beli 4biji. Itu aja suami ga ikut makan. Hehehe.
  • Ga doyan nasi. Masa awal hamil, saya sedikit banget makan nasi. Soalnya ga tau kenapa, rasanya eneg aja. Makanya saya sering cari makanan alternatif lain yang saya doyan, seperti kacang tanah rebus, atau ubi jalar goreng/rebus, roti juga sering tapi ga terlalu doyan juga. O iya saya juga jarang minum susu, dan juga bukan pecinta susu. Jadi saya sendiri ga rutin minum yang namanya susu ibu hamil. Karena kata dokter, susu ibu hamil sebenarnya cuma buat nambahin nutrisi aja. Kalo kita mengkonsumsi makanan yang bergizi dan punya asupan nutrisi yang cukup buat dedek, ya kita ga usah minum susu ibu hamil juga ga papa. (tapi belakangan ini saya maksain minum susu ibu hamil, khawatir nutrisi kurang soalnya saya ga terlalu banyak makan nasi dan kawan-kawan). Tapi tetep lho ya, susu itu cuma pendamping, bukan makanan utama. Jadi mengkonsumsi nasi dan kawan-kawannya harus tetap dijaga. Bagi ibu-ibu yang ingin mengkonsumsi susu, ga harus susu ibu hamil kok. Emang sih, nutrisinya lebih lengkap di susu khusus ibu hamil, tapi ga salah kok kalo kita rutin minum susu full krim biasa, atau susu uht juga bisa. Lebih segeerr…saya juga lebih suka susu uht daripada susu khusus ibu hamil.
  • Sembelit. Nah, ini nih yang kadang bikin begah. Sembelit dan cepet kebelet pipis itu wajar bagi ibu hamil, karena tekanan rahim pada usus kecil. Saya pernah sampe 2hari ga BAB, >,< kemudian saya makan tuh buah-buahan yang banyak mengandung serat dan air dan kadang juga bikin agar-agar biar lancar dan ga sembelit. Sampe saat ini alhamdulillah ga sembelit lagi, cuma sering cepet kebelet pipis aja.
  • Melebarnya aerola. Duhh, ini sebabnya silakan browsing sendiri ya, saya juga masih bingung. Intinya payudara akan mengalami perubahan.
  • Perut membesar. Kalo yang ini jelas, soalnya perut saya ada dedeknya..๐Ÿ˜€ hehe.. Meskipun membesar, tapi yang terjadi pada diri saya besarnya ga besar-besar banget.๐Ÿ˜€ bisa dibilang ga keliatan. Saya sendiri kadang heran kenapa perut ga berubah signifikan. Ya keliatan gede sih kalo pake baju rumah, tapi kalo pergi-pergi biasanya ga keliatan. Sekarang usia mau 5bulan pun si perut belum mau nongol biar ketauan orang..๐Ÿ˜€
  • Suka mainan kain flanel.๐Ÿ˜€ Yang ini saya ga tau karena faktor dedek atau saya sendiri…soalnya saya cuma pengen ngutak atik flanel, tapi ga serius buat bikin karya nyata..haha.. Jadi si flanel ini cuma buat mainan saya, hehe
  • Doyan tidur. Doyan bangett..padahal sebelum hamil saya bukan tipe pecinta tidur siang. Tapi semenjak hamil ini, saya suka banget tidur, tapi tidur sore..jam tidur yang ga disaranin buat siapapun. >,< Saat ini saya sedang berusaha ngilangin kebiasaan tidur sore saya dengan bikin tulisan-tulisan kayak gini nih.
  • Males dandan. Kalo yang ini dari sebelum nikah saya juga ga suka dandan. Tapi kalo dulu paling ga saya seringlah kemana-mana dandan dulu, meskipun cuma pake krim sama bedak tipis. Sampe suami kadang nanya, hehe. Ga tau juga, sekarang hampir ga pernah meskipun mau pergi kemana-mana. Paling cuma wudhu doang sama pake sabun muka. Menurut mitos sih si dedek bakalan cowok nih, tapi saya belum ngecek sih, biar penasaran dulu..(padahal udah penasaran bangeeett..hiks)
  • Nyeri punggung dan gampang capek. Sering banget ‘boyoken’ kalo malem, mau tidur pengennya dipijetin. Kalo habis jalan-jalan sama suami malemnya pasti protes harus dipijit, soalnya pegel bangeet..
  • Suka makan yang kecut-kecut dan pedes. Sebelum hamil saya pecinta berat si kecut da si pedes, pas hamil makin gila aja kesukaan saya, tapi kadang diliatin sama suami kalo makan yang ginian (rujak), soalnya saya susah di rem kalo udah makan makanan ini. Hehe..

Apalagi yah? Hmmm..sementara itu dulu aja deh. Lumayan bisa nambah-nambah arsip tulisan..๐Ÿ˜€

Doakan biar kehamilan dan dedek saya sehat selalu yaa…dan juga mohon doanya biar diberi kelancaran oleh Allah SWT. Aamiin..^_^

2 thoughts on “My Pregnant’s Story (Part 1)

  1. Wah akhirnya kesampaian nulis diary kehamilan ya mbak?๐Ÿ˜€
    oiya saya kok jadi penasaran, sebelum hamil berat badan mba berapa? dan usia kehamilan 5 bulan ini jadi berapa? takutnya kenaikan BB-nya kurang mba, kok perutnya masih keliatan kecil. Normalnya orang hamil itu kenaikan BB selama kehamilan antara 11-12 kg mbak (kalo ga salah inget,hehe) tapi itu bertahap๐Ÿ™‚

    • ๐Ÿ˜€
      duh, lupa mbak..soalnya udah lewat..hehe
      kalo ga salah sebelum hamil sekitar 45kg-an..trus priksa ke obgyn pertama kali masih 45 juga.
      bulan berikutnya (usia 12mgg kalo ga salah) itu masih 45-46an kayaknya..:(
      dan terakhir kmrn 16mgg naik 2kg, jd 47..:D
      selama ini ga ada keluhan apa2 sih, kata bidannya sehat banget gitu, jd ya fine2 aja saya-nya..hehe
      kadang juga heran aja, saya ini keliatan kayak ga hamil, pipi aja ga nyempluk2 banget, sempet khawatir juga sih, tp kalo bidan bilang sehat ya saya tenang2 aja..:D

      iya emang bener naiknya sekitar itu, biasanya di trimester kedua dan ketiga yg cepet naiknya,
      duhh jd h2c saya, mudah2n gpp nih mbak, nunggu tgl 20 nih..:D

Tinggalkan Balasan

