Ngidam Itu….


segernyaa...
Ngidam sebenarnya tidak ada dalam kamus saya,😀

Habis baca-baca buku tentang parenting, tentu aja dari jaman hamil kayak gini nih. Sebagian besar ibu hamil mengalami gejala ‘ngidam’. Apa itu ngidam? Saya sebenarnya ga terlalu ngerti-ngerti banget masalah ngidam, soalnya saya ini juga ga ngalamin meskipun lagi hamil. Kata ibu-ibu yang lain yang ada di forum , ngidam itu sesuatu bangeett…:D (jadi penasaran saya..hehe)

Memang sebagian dari ibu-ibu yang sedang hamil mengalami yang namanya ngidam. Ngidam itu adalah menginginkan sesuatu yang rasanya kayak pengeeenn banget gitu..entah berbentuk makanan ataupun barang, Biasanya sih berbentuk makanan. Dan uniknya lagi, katanya kalo ngidamnya ga keturutan debaynya besok bakal ‘ngileran’.  Huuuaaaa… (>,<)

Sebenarnya itu mitos, karena menurut dokter spesialis anak, si anak pasti bakal ngalamin yang namanya fase ‘ngiler’ ini.  Intensitasnya tergantung dengan kondisi si anak sendiri. So, ga boleh nyalahin ngidam dong gara-gara ga keturutan. Hehe..

Si ngidam ini biasanya dijadiin ‘topeng’ sama ibu-ibu. Lho? Iya, kan bisa minta dibeliin ato dibikinin sama suami. Kalo kata suami inilah saat bermanja manja ria, (moga-moga yang pada ngidam ga njadiin ngidam sebagai alasan yaa…). Bermacam macam hal yang dirasakan oleh ibu hamil, begitupun dengan selera makan atau apapun itu. Karena ibu hamil biasanya akan menjadi lebih sensitif, entah sensitif perasaannya ataupun kebiasaannya. Ada yang bahkan sensitif dengan bau-bauan (saya ngalamin ini, tapi ga parah-parah banget). Contohnya aja bau keringat suami, ataupun bau-bau yang menyengat lainnya. Memang wajar, karena ibu hamil mengalami perubahan hormonal.

Tapi yang jelas, si ngidam ini sangat populer untuk para ibu hamil, dan modelnya bermacam-macam. Mulai dari pengen makan yang asem-asem, nyampe pengen makanan yang ga ada di hadapan, meskipun udah tengah malam! Nah Loh! Suami pasti kelabakan nyari tuh makanan kemana-mana, meskipun jam 12 malam. Ckckck… (untung saya ga setega itu sama suami..)
full buah.. :D
Nah, buat ibu-ibu yang lagi ngidam nih, mari kendalikan cara ngidam kita. Karena sebenarnya ngidam itu tidak ada, tapi hanyalah keinginan menggebu-gebu kita yang malah akan mempersulit kita sendiri. Berikut saya berikan tips ngidam yang sehat:

  • Siapkan diri anda untuk menjalani kehamilan, tentu saja dengan siap menerima segala bentuk perubahan yang akan terjadi.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi secara lengkap dan seimbang.
  • Untuk menghindari morning sickness, usahakan mengkonsumsi makanan ringan (bukan nasi dan makanan berat lain), yang penting nutrisi cukup untuk anda dan bayi anda.
  • Jangan membiasakan menuruti apa yang anda inginkan pada saat anda sedang hamil, misalnya jajan di luar. Karena kita tidak tahu kandungan gizi dan komposisi yang ada pada makanan yang tidak kita olah sendiri. Jadi usahakan anda mengolah makanan yang anda idamkan sendiri.
  • Tentu saja boleh mengkonsumsi makanan yang anda ngidam-kan, asalkan anda tahu asal usul makanan yang anda makan.
  • Banyak minum, ataupun bisa diganti dengan mengkonsumsi buah-buahan. Tentu lebih bagus mengkonsumsi buah-buahan segar daripada minum minuman instan.
  • Dan tentu saja anda harus menikmati masa-masa kehamilan anda, meskipun itu terasa berat. Karena dorongan dari diri sendiri lah yang mampu mengendalikan keinginan-keinginan kita.

Hooaa,,,

Tadi itu saya kutip dari buku Panduan Lengkap Doa dan Dzikir Ibu Hamil karya Muktafiah Munawir. Dan tentunya masih banyak lagi hal-hal tentang kehamilan yang harus anda ketahui cara mengatasinya.

Yah, besok saya sharing lagi tentang banyak hal mengenai kehamilan. ^^ Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s