Bolehkah Saya Makan Duren? Dikiiitt Aja…


duren bikin galauu...>,<

duren bikin galauu…>,<

Hohoho..

Baru-baru ini saya sering menjumpai banyak penjual duren di pinggir jalan. Dan yang bikin saya ga tahan adalah: baunya! Doohh,,meskipun sedang hamil, saya tidak pernah membatasi pola makan saya, karena saya termasuk pemakan segala. (Wohh, emangnya hewan?!!). Maksud saya, selama kehamilan saya tidak pilih-pilih makanan (bahasa jawanya ‘nyirik‘), alias tidak menghindari untuk makan sesuatu yang dianggap mitos. Contohnya aja tuh katanya makan nanas di trisemester pertama bakal keguguran. Astaghfirullah! Kalo saya pribadi, awalnya memang sedikit was-was mau makan nanas yang ada di rujak itu, sampe pernah saya beli tanpa nanas. Tapi setelah dipikir-pikir kata orangtua juga ga papa, dan kata dokter juga ga usah milih-milih atau menghindari makanan. Hanya saja, porsinya harus seimbang dan ga boleh berlebihan. Ini sungguh pas dengan ajaran agama islam, bahwa segala sesuatu (makanan) yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh kita. Nah, jadilah tuh saya juga makan nanas pada awal kehamilan, dan rasanya biasa aja tuh?!

Setelah si nanas berhasil saya taklukkan, (ckckck) kali ini saya ngiler duren. Dan parahnya lagi, si duren ini kayak si nanas buat ibu hamil, alias PANTANGAN! Tapi ngomong-ngomong, apa bener yah? Berikut saya jabarkan,

Tanya: Saya senang makan durian dan sekarang sedang hamil.  Meski ingin memakannya,  tapi saya takut.  Katanya, janin akan kepanasan jika ibunya makan durian, benarkah?

Jawab: Tidak benar durian membuat janin kepanasan. Ibu hamil  juga  tidak dilarang  makan durian, asal  tentu saja makan secukupnya.  Durian yang terlalu matang atau fermentasi memang mengandung  alkohol. Tapi,  jika dimakan tidak berlebihan kandungan alkoholnya tidak berbahaya bagi janin.  Hanya saja, jika Anda menderita diabetes memang harus hati-hati untuk mengonsumsinya.  Sebab kandungan gula dalam durian sangat tinggi  dan bisa mengakibatkan naiknya gula darah.

Lalu kenapa sih si duren ini termasuk dalam makanan ‘haram’nya ibu hamil?

Durian paling banyak mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Tak cuma itu, zat-zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc dan besi juga ada di dalamnya.

Karena kalorinya yang tinggi, buah durian bersifat panas sehingga pasien diabetes atau ibu hamil sangat tidak dianjurkan makan durian. Bayangkan saja dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Itu artinya ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari.

Durian juga banyak mengandung gula meski ada kandung mangan yang bisa menjaga kadar gula tetap stabil. Bagi ibu hamil, durian diyakini tidak baik karena mengandung banyak gula dan sedikit alkohol. Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa durian memicu kontraksi dan keguguran, ibu hamil selalu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan buah ini.

Jadi gimana dong? Ibu hamil boleh ga makan si duren ini?

Apabila ibu hamil ingin makan durian, menurut dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, sebenarnya boleh-boleh saja. Asalkan, calon ibu tersebut tidak memiliki gangguan penyakit maag. Durian dapat memproduksi gas di dalam lambung. Pada calon ibu yang memiliki penyakit maag, hal ini terkadang bisa menimbulkan rasa kembung dan mual. Sebab, sakit maag yang diderita jadi kambuh.

Tuuuhhh…jadi menurut dokter sebenarnya tidak ada larangan makanan apa pun untuk wanita yang sedang hamil. Semua makanan boleh dikonsumsi. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar porsinya. Untuk durian satu atau dua biji saja sudah cukup, jangan lebih. Hal ini untuk menghindari efek yang ditimbulkan dari kandungan durian (diabetes dan penyakit jantung).

Atau kalo masih ragu-ragu, mending konsultasikan kondisi kehamilan Anda pada dokter. Itu lebih mantapp, jadi kalo si dedek baik-baik aja ya kita pasti tenang makan si duren ini. Duh, saya padahal ngiler banget nehh.. >,<

Kalo bidan pribadi saya sih boleh-boleh aja makan segala, tapi buat si duren ini saya belom nanya-nanya, plus suami belom ngasih lampu ijo buat makan ni duren. Galau saya…

Dureenn,,,awas yah, besok pasti saya bakal nyicipin kamuuu… >,<

-dari berbagai sumber-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s