Hakikat Sajadah


sajadah2

Langsung saja, saya hanya ingin menuliskan sedikit uneg-uneg saya tentang sajadah ini. Ya, sajadah yang biasa dipake buat alas sholat. Saya rasa jaman dulu sajadah itu bentuk dan ukurannya masih relatif ya, (atau saya saja yang kuper?) ga seperti sekarang, besar-besar. Sajadah yang saya miliki pun ada dua jenis. Yang ramping seukuran lebar badan saya dan ada juga yang lumayan lebar. Tapi jujur saja, sajadah yang lebar itu saya dapat dari mahar nikah dan juga kado dari teman.

Secara pribadi saya tidak terlalu suka sajadah yang lebar ini, selain memakan tempat sajadah ini juga tidak mengefektifkan rapatnya shaf dalam shalat. Ini yang membuat saya risih ketika shalat berjamaah di masjid dan menggelar sajadah lebar dengan sajadah jamaah lain. Kesannya satu sajadah hanya untuk satu orang, yaitu pemiliknya sendiri.

Saya pernah membaca sebuah kisah tentang sajadah, yang intinya perbedaan ukuran sajadah ini membuat shalat pemiliknya menjadi tidak khusyuk. Saya sendiri pun lebih suka menggunakan sajadah ramping saya ketika shalat di masjid. Tapi kalau sedang berada di rumah, saya dan suami menggunakan dua sajadah lebar (karena berdiri sendiri-sendiri).

Sebenarnya tidak perlu menggunakan sajadah kalo sudah ada alas yang lain, misalnya karpet. Tapi mungkin lebih nyaman juga ketika kita tahu alas yang kita bawa sendiri lebih bersih daripada karpet yang ada di masjid. Karena di masjid shaf perempuan tidak ada karpetnya, jadi kalo ke masjid saya bawa sajadah sendiri.

Memang cuma masalah sepele, sajadah. Tapi kalo sajadah tidak merapatkan shaf shalat, apa gunanya sajadah itu sendiri??

#jadi ga jelas tulisannya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s