Batam, Pesonamu Sesuatuuuu…


ikonnya batam :P

ikonnya batam๐Ÿ˜›

Batam, kangen nih..๐Ÿ™‚

Kota satu ini ada di kepulauan Riau, bukan kota yah namanya, tapi pulau lebih tepatnya. Hmm, bicara soal tempat ini mengingatkan saya dengan sejuta kenangan yang sulit dilupakan. Tempat pertama saya mengais rejeki sendiri, perjuangan yang harus ditempuh untuk bisa pergi kesana, dan tempat pertama saya bisa menemukan banyak keluarga baru.๐Ÿ™‚

So beautifull..^^

Kawasan Industri Mukakuning Batamindo.

Kawasan ini dikelilingi pagar kawat, ada 4 gerbang besar dimana hanya jam-jam tertentu kendaraan umum bisa masuk. Berisi perusahaan-perusahaan asing yang kebanyakan memproduksi macam-macam barang elektronik. Ada juga asrama di dalam kawasan industri ini.

Tempatnya yang bersih (kawasan tertentu), tatanan kota yang rapi, rindang karena masih banyak pohon-pohon hijau, bahkan masih ada tuh komunitas monyet di kawasan dulu saya tinggal. Hijau asri dan bikin betah. Kawasan asrama yang seperti rumah susun, suasana yang tak pernah sepi (kecuali siang hari karena mayoritas penduduknya tidur atau sedang kena shif pagi).

Mulai dari suasana kamar yang hampir sama, berisikan 16 orang dan 8 ranjang tingkat, ada juga lemari mini untuk berdua, televisi, kipas angin, kulkas (tentu fasilitas ditentukan oleh kebijakan perusahaan masing-masing). Ada perlengkapan memasak, lengkap dengan kompor gas, kecuali sayur dan bahan makanan yah..kalo yang ini beli sendiri..hehe๐Ÿ˜€

lemari kecil..

lemari kecil..

Rusun, ini dilantai 5 loohh..:D

Rusun, ini dilantai 5 loohh..:D


Asrama (disana disebut dormitory) ini umumnya berlantai tiga atau empat, tapi kebanyakan berlantai tiga. Kalo yang di rusun biasanya malah nyampe lantai lima. Asrama berderet-deret yang bisa dibedakan sesuai dengan nama blok huruf abjad (saya dulu di blok P-31 lt 2 kamar 3). Daripada bingung jelasin nih saya kasih penampakannya:

dormitory

dormitory

kamar asrama..

kamar asrama..

Setiap blok biasanya ada satu musholla, koperasi, atau food court. Food court disana macem-macem, khusus di blok P ini, ada Panasera, menu apa aja ada disana, dan ajaibnya kalo menurut saya murah๐Ÿ˜› soalnya rata-rata harganya 10.000-15.000 doang. Menu yang paling populer disana ya Ayam Penyet!๐Ÿ˜€ Bisa juga ayam bakar, ikan bakar, lele bakar, lele goreng, dan masakan indonesia lainnya. Dijamin puas deh, porsinya juga gedhe kok,๐Ÿ˜€

mushola blok P32

mushola blok P32

Disamping Panasera ada minimarket, lupa apa namanya, tapi yang jelas tempat ini rame banget. Soalnya cuma satu itu di blok P. Yang jual orang keturunan China, kalo ngomong juga pake bahasa china. Dan kalo lagi Imlek biasanya seminggu sebelumnya toko ini ngasih jeruk sunkist gratiiiss ke para pembelinya, (saya sama temen-temen dulu suka bolak balik beli biar dapet jeruk terus..haha :D). O iya toko ini sebenernya kayak toko kelontong, isinya macem-macem, ada beras, air minum, jajanan, dll yah sembako gitu lah. Lupa, disana jarang ada yang minum air rebusan, tapi mayoritas pada beli air minum dalam kemasan gitu. Soalnya disana airnya pake kaporit, jadi rasanya aneh. Masak pun pada pake air mineral loohh, nah kebayang ga tuh borosnya?

Di samping minimarket ada toko sayur juga, tapi harganya jangan nanya buukk! Mahal-mahal, bayam satu ikat aja bisa di itung dapet berapa batang, harganya dulu masih 1.500/ikat. Yah, masalah sayur ini disana emang rada mahal.

Di sekitar situ juga ada foto studio, ada foto kopi-nya juga. Eh ada warnet juga dink, satu tempat sama ini. Disana tarifnya 4000/jam, (-_-‘) lumayan…lumayan lemot maksudnya.๐Ÿ˜€

Nah, itu yang ada di sekitaran blok P31. Kalo mau yang murah dan pemiliknya orang indonesia, ada juga kok di blok P21. Rada jauh dikit, jalan kaki paling cuma 5 menit,๐Ÿ˜€. Disana ada koperasi punyanya salah satu perusahaan di kawasan Mukakuning juga, kami dulu menyebutnya P Astra (perusahaan yang punya namanya PT Astra, tapi sekarang ganti jadi PT Unisem). Koperasi ini menyediakan lauk mateng loh kalo pagi, ada soto, gorengan dll yang udah dibungkus. Harganya macem-macem, kalo cuma sayur biasa cuma 1500/bungkus. Murah kan, yah kalo cuma buat satu kali makan sih puasss..:D.

Di belakangnya ada toko sayur juga, yang ini lebih murah daripada yang tadi. Tapi jangan salah ya, P Astra ini ruaammee banget kalo pagi, jadi jagan kaget kalo ngantrinya bikin males๐Ÿ˜€. Kalo dateng sebelum jam 7 pagi sih kemungkinan masih kebagian lauk mateng, tapi kalo anak-anak shift malem udah pulang dijamin deh, bejubelan!!

Panasera tampak dari atas..

Panasera tampak dari atas..

Nah, kawasan ini juga punya pasar loohh..namanya Pasar Ruli (Rumah Liar). Tempatnya ada di pojok kawasan ini, disana juga ada kampung masyarakat biasa (non pekerja maksudnya). Kalo menurut saya bukan pasar namanya, habis kecil sih.๐Ÿ˜› Suasananya sama kayak P Astra kalo pagi, rame! Apalagi ada Pecel Tumpang-nya yang puedeeessse poolll (doh, ngiler), harganya murah 5000/porsi, tapi isinya banyak malah bisa ga abis kalo dimakan sendiri.๐Ÿ˜€

Ruli ini juga ada Pondok Pesantrennya, Madrasah Murotilil Qur’an (MMQ Jet Tempur) dan juga Yanbu’a. Bisa mondok disana juga loohh…jadi bisa ngaji juga meskipun bekerja..^^

Beralih ke tempat belanja modern alias mall. Tenang aja, disana ada banyak mall buat buang duit, hehe. Salah satunya yang paling deket sama asrama ya Plaza Batamindo. Tempatnya ga gedhe banget sih, tapi berlantai empat. Ada kios-kios baju, dll, tapi yang paling terkenal ya food court lantai empat-nya. Menunya macem-macem deh, harganya rata-rata 10.000an. Cocok buat hunting makanan kalo abis gajian, hehe.

Tak jauh dari situ ada mall lain juga, Panbill Mall.๐Ÿ˜€ Tempat ini lumayan rame, soalnya udah keluar dari kawasan, jadi masyarakat umum bisa kesini juga. Lumayan gedhe, berlantai empat juga. Hmm, disana apa ya yang menarik? Oh iya, disana ada Ramayana-nya, hehe. Kalo ada diskon bakalan kalap dehh,๐Ÿ˜€

Panbill Mall

Panbill Mall

Lupa nih, disana juga ada 2 masjid. Namanya Masjid Nurul Iman dan Masjid Nurul Islam. Yang Nurul Iman deket sama blok saya dulu, blok P. Tapi dibelakang asrama saya ada mushola juga, jadi gampang deh dengerin adzan๐Ÿ˜›. Yang Nurul Islam deket sama Plaza Batamindo, lebih gedhe dari Nurul Iman. Dan di Nuris ini (biasanya disebut gitu) rutin diadakan kajian-kajian islam. Yang pengen belajar banyak tentang islam disana banyak banget majelis-majelis ilmu yang bisa didatangin.

Dikawasan ini juga ada gerejanya loh, di blok H, tapi cuman satu aja gerejanya.

Ngomong-ngomong kendaraannya pake apaan? Disana ada angkutan khusus dikawasan industri, namanya Transkib (Transportasi Kawasan Industri Batamindo) yang melayani perjalanan khusus dalam kawasan aja. Ongkosnya murah, cuman 1000, sekarang udah naik jadi 1500. Ada juga ojek, tapi ongkosnya tergantung jarak ya..

Yah, sekiranya cuman itu aja deskripsi saya tentang KIB (Kawasan Industri Batamindo) tempat tinggal saya dulu. Tempat wisata menyusul yah, hehe..

Intinya kota ini adalah kota kenangan (ciee), semakin menjabarkan semakin saya kangeeenn..huhuhu๐Ÿ˜ฆ

#foto dokumentasi sendiri, kurang lengkap soalnya jarang poto-poto๐Ÿ˜€

48 thoughts on “Batam, Pesonamu Sesuatuuuu…

  1. wah mbak…dulu pernah kerja di batam ya??? di perusahaan apa mbak? trus gmn suasana disana enak kah? kalo dr cerita mbk, kayaknya sih enak. sebnernya saya udah mcu pt jms, cuma blm tau kepastiannya, insya allah lolos. tp ya itu..saya dilema..brngkat…enggak…brngkat…enggak. pengennya sih nekat gitu kerja dsna, cari2 pngalaman, daripada nganggur di rumah nyusahin ortu. lha, tp aku buta bnget sama yg namanya batam, takutnya udah jauh2 ksna eh nggak betah *jangan sampe*
    karena sepertinya kontrak kerja aku 2th, jadi slma 2 th itu aku nggak pulang…yg aku takutin tu klo disana aku ngrasanya sndiri trus tiba2 kangen ortu๐Ÿ˜ฆ n kluarga di jawa. karena itu share share pnglaman mbak dong slama di batam itu gmn?? makasih ya mbak๐Ÿ˜€

    • Hii mbak, salam kenal.. makasih ya uda mampir๐Ÿ™‚..

      hehehe, belom sempet posting suka duka hidup disana nih.. aku kasih reviewnya ya mbak..

      JMS itu katanya pabrik alat kesehatan yah? aku lupaa, hehe.. JMS kawasannya di muka kuning, tapi asramanya aku kurang tau.. kalo dapet asrama yg satu kawasan sm muka kuning kebanyakan enak kok mbak..

      Masalah galau, sama lho mbak, aku dulu juga gitu.. tapi krn uda mcu ya aku tekatin berangkat, lha sayang kalo kudu ganti biaya mcu kalo ga jadi berangkat.. hehe

      Awal disana nyampe asrama jleg langsung nangis inget ortu n kampung, jadi mewekk banget gt mbak, nyampe ga sempet kenalan sama anak2 sekamar.. hehe

      Tapi selepas itu biasa aja kok mbak, tenang aja.. asal niat beneran nyari kerja n pengalaman insyaallaah ga kena ap2 mbak.. jg harus bisa bner2 bentengin diri dari hal2 buruk.. fyi di batam kalo mau jadi orang buruk byk banget jalannya, tapi kalo mau jadi org baik juga banyak banget jalannya.. nah, tinggal mbak sendiri deh mau gimana.. hehe

      O iya, jangan kabur ya mbak, kalo kabur eman2 ijazahnya, hehe. apalagi umk batam kan uda 2,1jt kan mbak.. hehe mbak kandung saya jg disana.. di pt philips..

      Semoga membantu ya.. kalo mau tanya2 lagi jg gpp..๐Ÿ™‚

  2. hehe thanks mbak udah bales komenku…
    iya pt jms produksi alat2 kesehatan.. sebenernya namanya dateng ke suatu tempat yg baru emang butuh adaptasi, ya tergantung kita juga…semoga disana aku bisa enjoy. ada juga sih temen satu jurusan yg brangkat bareng aku ntar..jadi seenggaknya gak bner bner sendiri.
    ya diniatin aja deh,
    hmm emang kata temen2 ku di batam itu kudu kuat jaga diri klo gitu ntar mudah kepengaruh ma pergaulan yg lumayan bebas disana, aku sndiri ga tau kayak apa. tp kan niat ku kerja bantu perekonomian orang tua insya allah, jadi jangan sampe deh kepengaruh ma hal2 yg buruk hehe..
    trus mbak katanya di batam biaya hidup mahal ya? share dong mbak biaya hidup sebulan kira2 berapa supaya nantinya aku bsa itung2 gitu…
    kalo masalah umk kurang tau ya, kalo pt jms sndiri sih nawarin gajinya lbh dari itu๐Ÿ™‚
    wew kakanya mbak di philips? di bagian apa? kalo aku dulu pngalaman PKL di philips surabaya…di dept.GLS

    skali lagi makasih lho mbak udah balesin komenku, seenggaknya sangat membantu sekali๐Ÿ™‚

    • Hehe.. biaya hidup awal2 disana aku ngirit banget, scr dulu cm bawa 5rb doang.. tapi lama2 yaa biasa.. disana yg mahal sayur2annya, kalo yg lain insyaallaah masih normal, kecuali air minum yaa.. disana aqua/vit/ades harganya mihil bgt lho.. yg 1,5lt itu disana nyampe 5rb.. itu aqua ya.. ades lebih mihill.. hehe yaa tapi setara sama umk kok.. ya namanya gaji segitu ya wajar harga2 pd mahal, hihi..

      Iya mbakku di philips, bagiannya aku krg tau.. PT-ku dulu cuma seberangan lho sm JMS, hehe.. n aku dulu jg cuma berdua sama temen smk,, tp nyampe sana malah jd pnya keluarga baru deh.. kalo satu rekrut bisa satu kamar insyaallah aman mbak.. kalo aku yg ptg sama2 jawa-nya bakalan enak, hehehe

      O iya mbak, hati2 ya,,kalo uda nginjek batam biasanya ketagihan kesana terus, haha.. temenku yg pernah kabur aja malah balik lagi kesana.. hehe.. jadi enjoy aja mbak, yg paling penting itu yaa benteng diri aja, hehe.. awaas lho ketagihan๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  3. Hmm..tulisan yang bagus, tidak sengaja ketemu saat searching di Google tentang kondisi Batam, mengingatkan masa-masa masih kerja di Batamindo dulu sekitar 7 tahun lalu. Dulu sering ke dormitory Blok Q , kalau ada undangan makan-makan dari anak-anak production line๐Ÿ™‚. Cuma dengar-dengar sekarang Batamindo sudah sepi ya, tidak seramai dulu

  4. oh batam kenangan 8 tshun yg lalu ..
    sekarang saya pindah di sebelahnya ..
    klo ada yang pernah kerja di Philips sepertinya saya kenal ..tapi philips semiconduktor ya ..bukan yg DAP..

  5. Sya baru mau tes di pt philips batam ni,, lulusan s1,, gaji pokoknya di tawarin cuma 3 juta,, gimana ya? Enak nggak di pt philips trus apa aja yg kita dapet selain gaji? Tolong disebuti ya apa aja yg enak, apa aja yg nggak enak,, makasi

  6. klo s1 saya rasa bisa dapat yang lebih dari segitu mas klo di batam..
    yang di dapat kalo di philips selain gaji
    yang psti klo semasa saya dulu ..s1 pastinya staff kan tinggal bukan di dormitory
    tapi di perumahan yang di sediakan perusahaan .
    klo yang lain standart seperti PT yang lain..
    klo sampean masih lajang ..yang pasti akan dapat banyak fans2 berat pakbro..
    cewek2 philips dari dulu terkenal paling waw…(sekedar sharing aja)

  7. klo jurusan apa saya rasa tidak begitu specific,yang pastinya menentukkan pada saat interview sama user nya..klo User merasa ok jurusan apapun ga masalah..karena banyak rekan2 saya dulu jurusan sama bidang kerjanya di situ ga nyambung….

  8. Ping-balik: Gaji Pertama | Pelangi Kehidupan

  9. Mbak mau tanya nih, saya keterima d pt. Tec indonesia, gaji 3 sekian dpt tmpt tinggal n transport. Cukup g ya untuk khidupny?
    Kontrak slama 2 thn, n q denger2 kerja d batam kebanyakan perusahaan gak mau ngangkat karyawanny jd pegawai tetap, iyakah mb?
    Saya sendiri dr s1
    Makasih ya mbak

    • Insyaallah cukup mbak gaji segitu.. malah lebih menurut saya.. hehe tergantung mbak juga sih ngatur gajinya..๐Ÿ™‚

      masalah karyawan tetap tiap perush punya aturannya mbak, beda2.. ada yg 2th lsg tetap, ada yg bertahun2 blm diangkat tetap.. jd mnurutku sih tergantung kinerja juga ya, mbak di office ato di produksinya? Kalo di office mnurut sy lebih cepet tetapnya.. kalo ditempat sy dulu 2th kontrak (yg rekrut dr penyalur tertentu juga) + 1 th tambahan baru bisa tetap, tapi itu jg tergantung atasan.. hehe.. kalo di TEC sy kurang tau mbak..

  10. TEC it toshiba mbak..
    Saya d bagian quality assurance mbak, kira2 itu kerjany gmn ya mb?
    Hehehe
    Saya takutnya mbak nympek dsana gak d angkat2 mbak๐Ÿ˜ฆ
    Makasih ya mbak

    • QA ya? Hihi cuma ngecek2 doang mbak, kalo tempatku dulu sih..
      Rata2 yg ga diangkat jd kary tetap itu anak produksi. Kalo QA kayaknya masih mungkin.. kalopun ga diangkat mbak bisa cari kerja lg dg kerjaan yg sama, gitu kalo di Batam mah, dan QA itu termasuk posisi penting n ga semua org bisa..
      Kalo di tempatku 90% QA jd kary tetap smw mbak, tergantung kary.nya mau ditetapin apa ga..
      Hehe dulu saya jg ditawarin jd kary tetap, tp saya tolak.. he curcol

  11. saya di batam udah hampir 12 thn, nggak terasa sayapun sampai married di batam, saya dulu tinggal di dormitory blok d no.4 pt.pfu sekarang udah ganti nama pt.siix, di batam banyak sekali lowongan kerja, kenangan di batam banyak termasuk di dormitory paling spesial.

  12. saya masih terdampar di sini,mungkin suatu saat akan kembali ke kota kelahiran,tapi sementara berjuang terus di sini..batam my second hometown๐Ÿ™‚

  13. Salam kenal mbak,
    Mau tanya: tgs dan tanggung qc pd perusahaan manufactur itu apa sj? dan apa perbedaaan dan persamaan qa dan qc?
    persiapan interview user di pt patlite indonesia, batamindo.. hhe

    • Waaah salam kenal jg…
      Waduh ga terlalu sama je.. aku masih bawahan mrk (QA n QC) dan masih jadi anak produksi. Setauku QA n QC itu departemen yg berbeda dg produksi, dia berdiri sendiri n biasanya jd musuhnya anak produksi, hihi
      QA itu setauku bawahannya QC. Di tempatku dulu anak QC tanggung jawabnya lebih besar drpd QA. Tp drpd aku jelasin salah mendingan tanya sama yg berpengalaman ya.. soalnya beda PT beda jg je.. hehe

  14. Hay mbak salam kenal,, kira” utk mencari low0ngan di PT setiap habis lebaran ada yg buka gak ya, , dan biasanya kalau mau melamar harus lewat mana dulu? tl0ng di bls ya

    • Salam kenal jg.. biasanya sih banyak buka lowongan kalo habis lulusan sekolah mbak.. thun ini kan barengan ya, mgkin ada lowongan.
      kalo mau ikut rekrut ya lewat dinaskertrans/depnakertrans.. itu resmi dr pemerintah dan gratis..

  15. Halo Upik, salam kenal ya. Saya juga dulu sekali pernah kerja di Batam, jadi terkenang baca tulisan Upik. Dulu saya juga kerja di Kawasan Industri Muka Kuning. Once in a long while saya masih suka berkunjung ke Batam, sekarang sudah jauh beda keadaannya dengan saat saya masih tinggal disana, sudah banyak mall dimana-mana. Waktu itu mall paling rame cuman Lucky Plaza di Nagoya, belum ada Nagoya Hill, Mega Mall, dll. Tapi salah satu pengalaman saya yg sangat mengesankan tinggal dan kerja di Batam. Salam.

  16. Hallo mbak, salam kenal ya.. ^^
    Lagi nyari2 tentang rusun di batam, eh nemu blognya mbak..
    Btw kita sama2 dari pulau Jawa nih.. Kalo saya dari Bandung.. ^^ Sekarang lagi ikut suami merantau di Jogja..
    Nge-blank banget soal batam jadinya skrg lg nyari2 info banyak2 ttg Batam, soalnya, insyaAllah, saya mau ikut merantau (lagi) sama suami ke Batam..
    Deritanya jadi anak rantau itu yaa memang homesick.. (T_T)
    Makasih ya mbak infonya bermanfaat.. ^^ b

  17. Halo mbak, salam kenal ya.. ^^
    Lagi nyari2 info rusun di batam, eh nemu blognya mbak..
    Btw, saya juga dari pulau Jawa nih mbak, dari Bandung.. ^^ Sekarang lagi ikut suami merantau di Jogja.. InsyaAllah, sebentar lagi mau ikut suami merantau (lagi) ke Batam.. Tp saya nge-blank banget soal Batam, Makanya lagi nyari info banyak2 tentang Batam..
    Udah tau sejak lama kalo di Batam itu biaya hidupnya tinggi.. Wong sayur aja muahal ya? >_<
    Sempet sedih sama khawatir juga takut ga betah.. -_- Apalagi jadi anak rantau itu memang problem-nya homesick.. T_T
    Tapi kalau jadinya ke Batam, insyaAllah, itu jalan yg terbaik dari Allah.. Aamiin..
    Makasih ya mbak, infonya bermanfaat.. ^^ b

    • Halo mba salam kenal juga, ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
      Trimakasih sudah mampir ke blog, iya mba selamat merantau, asal dinikmatin semua berasa Indah kok mba, malahan kalo udah balik lg bakal kangen sm perantauan hehehe
      Semoga betah ya mba, ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜ƒ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s