Ada Apa Dengan Uk 26?


Setelah sekian lama ga nulis tentang kehamilan, kali ini saya cuma mau nulis yang gaje-gaje dikit,😀 soalnya emang ga da yang pengen ditulisin (lebih tepatnya males, hehe). Cuma mau sekedar sharing yang saya alami di trimester kedua kehamilan saya ini, ciee haha.. Eh bisa dibilang ini adalah cerita waktu saya kontrol terakhir tanggal 19 Januari 2013 kemaren, gpp ya rada kadaluarsa😛.

Umm,,apa ya kira-kira? Relatif sih, perubahan pertama: nafsu makan saya semakin hari semakin berkurang. Dan pas kontrol terakhir BB saya tidak sesuai dengan target, padahal target saya adalah naik 2kg per bulannya. Dari 49kg ke 50½kg. Ckckck, cuma naik 1½kg doang! Si Mas sampe cemberut ngliatin saya yang meringis salah tingkah (-,-). Untung pas itu bu bidannya ga nanya sama asistennya BB saya naik berapa, coba kalo ditanya bisa klepek-klepek saya, kena omelan. Hihi, dasar!

Yah, memang bulan lalu saya sama si Mas ke bidannya masih rada siang, sekitar jam setengah lima-an lah, dan apa yang terjadi coba? Nguaanntrriiinya rame! Saya sampe bengong sendiri en bisik-bisik sama si Mas “Mas, kayaknya kemaren-kemaren ga nyampe kayak gini deh ngantrinya,,apa kita ya yang tumben dateng jam segini?”. Maklum, si Bu Bidan ini termasuk bidan profesional (kata warga setempat), dan pasiennya lumayan banyak. Dan biasanya saya sama si Mas dateng itu sekitar jam setengah enam-an, jadi pantes aja saya bengong liat para pasien yang ngantri. Pasiennya bukan cuma ibu hamil aja loh, tapi ada yang KB juga dan kebanyakan para ibu yang mau vaksinasi anaknya yang belum lama lahir. Malah ketemu temen-temennya si Mas juga yang lagi nganterin istri, hihi.

Mmmm, terakhir itu kata bu bidan emang lagi rame, dan ada yang abis lairan juga, VBAC (Vaginal Birth After Caesar),,wuuuhh saya sampe bengong, VBAC di bidan? Hebat yaahh, padahal lairannya ga ditangani sama beliau, tapi sama asisten-asistennya, karena beliau telat dateng. Dateng-dateng udah mbrojol deh tu bayi. Wuuuaa, tambah semangat saya buat lairan disana, hehe.😛

Setelah antri sedikit lebih lama dari biasanya, akhirnya saya diperiksa juga. Tekanan darah juga rendah 90/70, huwaaa >,< bener-bener saya ini bandelnya ampuunn! BB 50½kg. Detak jantung dedek juga normal, kata bu bidan insyaAllah sehat. Waktu itu saya cuma nanya janin udah mbalik apa belum kepalanya, dan kata beliau usia 24w ini masih muter-muter (pantesan! hehe). Dipesenin kalo dedeknya nendang-nendang, posisi saya harus rileks dan ga boleh ditahan-tahan, biarin aja nendang sesuka hati dedek. Hihi..

Dipesenin juga harus minum susu ibu hamil, harus! Wadaw, beli aja minumnya jarang buk! Palingan kalo inget, wah ckckck bener dah! Dan akhirnya setelah dapet kalsium, penambah darah dan asam folat, saya sama si Mas pulang deh. Bener-bener harus diperbaiki pola makannya. Eh ngomong-ngomong soal pola makan ini sebenernya saya ini makan juga 3 kali sehari, tapi kok saya ini juga heran kenapa ga gemuk-gemuk >,<. Uuuu…

Tapi emang sih, saya ngrasain nafsu makan saya berkurang daripada pas trimester pertama, dan akhirnya bikin saya ‘sekarep’ saya makannya kapan, kalo laper ya makan kalo engga ya entar nunggu laper. Nah loh?!

Perubahan kedua: kepanasan!. Yah, yang satu ini bikin saya heran juga, hampir setiap menit saya ini kepanasan, gerah terus bawaannya. Jadilah kipas di kontrakan nyala teruuusss, (-,-) saking ga betahnya sama panas. Tapi karena jarang ujan juga sih, jadi sering kepanasan. Pas bobo malem juga iya ding, kepanasan! Heran saya, sampe saya bilang sama si Mas, “Mas, dek ini kegerahan gara-gara cuaca emang panas ato karena lagi hamil sih?”, si Mas jawabnya “Hamil tuh, Mas aja ga panas,”. Nah? Baru saya kepikiran, emang ibu hamil ada yang gitu yah? *bingungsendiri*

Perubahan ketiga: cepet sakit pinggang. Yang ini katanya normal, soalnya semakin lama semakin berat beban di perut yang harus digembol kemana-mana, hehe. Kalo yang ini saya nikmatin, ga papa soalnya emang sering juga krasa sakit pinggang en katanya sih dedeknya bakalan cowok (hooaamm, belum sempet USG soalnya). Belakangan ini si Mas juga sering ngelus-elus pinggang soalnya, jadi lumayan bisa rileks. Mas janji juga sih, kalo udah 7 bulan cuci-mencuci baju ga usah saya kerjain. Waduuhh, saya sih cuma manggut-manggut aja (padahal ga rela).

Perubahan keempat: makin nendang-nendang aja si dedek, kali ini lebih heboh, ga usah di raba lagi..tapi ditontun ajah! Hihi, iya sekarang nendangnya kuat banget, perut diliatin terus aja udah tau kalo lagi bergerak (saking tipisnya kulit perut saya) dan hebooh bangeett! Kyyaaaa, gemes saya!😀 Anehnya kalo udah ada tangan Ayahnya megang perut, si dedek ini bakalan diem ceklep, nah..haha dan saya cuma bisa bengong saya, meringis sama si Mas.😀😀

Dan gara-gara itulah saya jadi pengen USG, bukan pengen lagi..tapi pengeeeeeennn bangeeeettt!! (>,<) Huuua, tapi harus sabar, soalnya sebelum usia 7 bulan si Mas ga mau nganterin, huhu. Pernah kemaren ngotot minta dianter, eh pas udah nyampe RSIA dokternya praktek jam setengah delapan malem. Yaaahh, padahal kami dateng sekitar jam lima-an. Pulang lagi deh, dan pas mau balik malemnya saya udah males, ngantuk. Jadi gagal deh. Yang kedua juga iya, udah rencana mau ke dokter, eh sorenya ujan dereesss banget, jadilah gagal lagi. Hufft, emang mungkin si dedek belom mau ditengok kali yah, masih malu-malu..hoho.

Perubahan kelima: sering sesak nafas. Ini dikarenakan tubuh janin yang semakin besar dan semakin memenuhi ruang dalam rahim, sehingga aktivitasnya akan membuat si ibu sedikit tidak nyaman, yah termasuk sesak nafas ini. Kalo udah sesak nafas, saya cuma bisa istirahat sebentar sampe nafas saya kembali normal. Emang biasanya dibarengin tendangan-tendangan super dari si dedek, jadinya saya ga panik.

~lagi mikir~

Akhirnya, saya kehabisan kata-kata. Dan sekian saja tulisan saya, dan:

Dedek, I Love You Full…:* :*

#Bogor, 11 Februari 2013

Tinggalkan Balasan

