Update 29 Weeks, Apa Kabar Dek?


Alhamdulillah, memasuki minggu ke 31 (hitungan manual saya). Sebelumnya nih, ngomongin usia kandungan ini ternyata banyak variasinya. Awalnya saya males ngitung manual, cuma berpatokan sama HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) 25 Juli 2012 silam. Dan semenjak pertama kali periksa pun saya cuma manut sama hitungan nakes yang menangani saya. Pertama kali ke Dokter Kandungan pas usia 6 minggu, keterangan di kertas periksa usianya 6 minggu, HPL (Hari Perkiraan Lahir) 01 Mei 2013. Yah, i’m fine. Dan ternyata beda lagi! Setelah saya browsing dan masukin data ke semacam aplikasi ternyata usia kandungan dan HPL-nya berbeda. Nah! Dan ke bidan langganan kurang lebih sama dengan dokter, usianya sama dan HPL-nya 02 Mei 2013.

Setelah baca-baca lagi, ternyata emang berbeda. Dan HPL itu bukanlah patokan. BUKAN PATOKAN! Nah, namanya juga perkiraan manusia, mengenai kapan lahirnya ya hanya Allah yang tahu. Karena sebenernya kita juga ga ngerti kapan tepatnya terjadi pembuahan. Makanya usia kandungan dilihat dari hari terakhir haid. Awalnya saya juga kaget sendiri, baru kemaren selesai haid, kenapa sekarang udah 6 minggu? *pertanyaan jaman dulu*. Dan ternyata, memang semua begitu. Ooooo… (hehe)

Maka dari itu, harus diperhatikan benar-benar bahwa HPL itu bukanlah patokan. Bisa dibaca disini tentang seluk beluk HPL, semoga bisa membantu. Dan ga perlu khawatir kalo kondisi janin dan kawan-kawannya sehat insyaAllah cuma nunggu dedeknya launching. Karena bayi punya hari-nya sendiri, yang sebaiknya dilakukan yaa berkomunikasi sama dedeknya, selalu berikan semangat positif, supaya kita juga bisa positif thinking meskipun HPL sudah lewat. Tapi tetep dipantau nakes yaa…πŸ™‚

FYI: Saya ngitung usia kandungan per minggu, terakhir haid tanggal 25 Juli (hari Rabu), dan saya hitung genap satu minggu pas hari Rabu-nya. Jadi kemaren tanggal 27 Februari (Rabu) genep 31 weeks.. Hehe

*demikian sekilas HPL*

Kenapa judulnya weeks 29? Iya, karena pas periksa di usia itu, sekarang sudah 31 weeks, alhamdulillah..πŸ™‚. Hasil periksa tanggal 23 Februari 2013 adalah:

Ibu dan janin juga sehat *peluk dedek di perut*, BB naik 2,5 kg jadi 53kg (alhamdulillah banget nyampe target tiap bulan 2kg), tekanan darah 110/70, panjang janin 17cm dan aktif bangeeettt sampe assisten bidannya bingung nyari dimana punggung dedek, soalnya blendut-blendut terus, hehe piisss teh,πŸ˜€.

USG? Belom.

Yah, karena kami juga ga penasaran banget USG sebenernya kalo alesannya cuma buat nengokin cewek ato cowok (-,-). Dan bidannya juga sepakat. Ga tau juga kalo di bidan langganan ini punya alat USG, (di episode yang lalu sampe malah ke RSIA padahal ternyata si bu bidan ini punya alatnya, hadeehh) dan tau-nya karena info temen yang dulu periksa di situ juga. Akhirnya kepengen deh usg. Taaapppiii, kata bidannya, “Kalo mau sih ada USG, tapi sayang kalo ga ada keluhan mah, insyaAllah dedeknya sehat. Mbak kalo mau 2 minggu datang aja lagi, kita sekalian nengok posisi kepala sudah masuk panggul apa belum, gimana?”. Hemm, karena dipikir-pikir lagi iya sih sekalian besok aja, dan akhirnya ya mungkin 2minggu lagi lah. Hehe.. (padahal yakin banget kalo ini dedek cowok, eh hehe)

Dan begitulah, kesehatan kami berdua sudah membuat saya senang, yang ga neko-neko itu saya seneng. Dan saya juga tahu, dedek ganteng pasti ngerti pengennya ibuk. Hihi, pelukkk dedek. Mmuuaahh,πŸ™‚πŸ™‚

~waiting to be a Mom~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s