Amalan Bumil di TM 3


Masih bicara tentang kehamilan,πŸ™‚

Memasuki trisemester akhir kehamilan banyak banget saran yang masuk, tentang apa aja yang harus dilakukan supaya proses persalinan berjalan lancar, normal dan menyenangkan (eh?)πŸ˜€. Tentu saja, ada banyak mitos diluar sana tentang macam-macam cara yang bisa dilakukan supaya sukses dalam proses ini.

Hihi, tapi emang sebagian mitos ada yang bener sih. Dan kali ini saya hanya akan membagi apa aja yang saya lakukan di minggu-minggu terakhir kehamilan saya ini. Yah, meskipun akan segera berakhir nih hamilnya, tapi paling tidak saya sudah berusaha untuk menikmati yang namanya proses hamil. Hehe, prosesnya calon Ibu. Jadi ya jalani aja dengan enjoyy..πŸ˜€

Belakangan ini saya sering ngamalin yang kayak gini nih:

1. Memperbanyak Jalan Kaki

Yah, yang ini mungkin umum dilakukan oleh banyak bumil-bumil lain. Tapi memang sangat dianjurkan untuk bumil di semester akhir kehamilan. Tujuannya untuk mempersiapkan tubuh, karena janin mulai mencari jalan lahirnya. Lagian jalan kaki ini bermanfaat banget buat nglancarin peredaran darah, apalagi kalo jalan ga pake sendal..hihi

94jalan-kaki

Targetnya sih pengen tiap pagi jalan-jalannya (semenjak masuk usia 28w), tapi karena masih males (halah) jadinya baru rutin paling ga seminggu 2 kali. Dan karena masih di rantau juga, jadinya belom rutin. (haha apa hubungannya coba? :P)

2. Memperbanyak Posisi Sujud

Dianjurkan banget nih buat bumil-bumil yang janinnya masih sungsang di tm3 ini. Saya sih belum ngecek apakah kepala si dedek ini uda mapan atau belum, tapi paling ga saya mengamalkan trik ini kalo habis shalat, ga usa lama-lama sekitar 5 menit aja menurut saya cukup, hihi. (Semoga bisa ngrutinin shalat lail yah, aamiin..)

3. Mencoba Goyang Inul

Bisa pake bola gym (birthting ball) atau sendiri juga bisa. Caranya posisi badang setengah berdiri, lutut ditekuk sedikit seperti posisi mau jongkok gitu, terus goyang-goyang deh pinggulnya, kayak goyangnya mbak Inul itu, hihi. (Bocoran: saya ga terlalu suka kegiatan ini, hihi) Manfaatnya sama kayak posisi sujud, bisa membantu janin untuk muter, biar ga sungsang gitu.

4. Ngepel Jongkok

30281-Clipart-Illustration-Of-A-Pleasant-Caucasian-Housewife-Maid-House-Keeper-Custodian-Or-Janitor-Woman-Mopping-A-Floor-Near-A-Broom-And-Vacuum

Biar panggul siap dan jadi elastis. Hati-hati juga karena beban perut semakin berat, jadi usahakan jangan terlalu capek.

5. Latihan Pernapasan

Kalo saya biasa pake cara yang ada di video senam hamilnya bidan kita. Lumayan bisa membantu mengatur pernapasan. Ini sangat penting (menurut para bumil yang udah lahiran) untuk mengatur rasa nyeri yang dialami pada saat proses bukaan sampe lahiran. Pernapasan yang saya amalkan ada 3 macam (posisi tidur telentang semua, kedua lutut ditekuk):

– Pernapasan Perut

Letakkan kedua telapak tangan diatas perut. Buang napas melalui mulut sampai perut terasa mengempis. Kemudian ambil napas melalui hidung sampai perut terasa mengembang, kemudian lepaskan melalui mulut. Lakukan berapa kali menurut kemampuan.

– Pernapasan Diafragma (Iga)

Tangan diletakkan dibawah dada, buang dahulu napas melalui mulut sampai iga terasa mengempis. Kemudian hirup napas melalui hidung sampai iga terasa mengembag, buang napas melalui mulut

-Pernapasan Dada

Letakkan kedua telapak tangan diatas dada, buang napas melalui mulut sampai menekan dada bagian dalam, kemudian hirup napas sampai dada terasa mengembang. Buang napas melalui mulut.

– Pernapasan Cepat

Ketiga gerakan diatas dilakukan dengan cepat (dihitung durasinya), lakukan minimal 30 kali/menit.

Video senam hamil bisa diunduh disini.

6. Mendengarkan Afirmasi Positif

Bisa berbentuk apa aja, yang penting kata-kata yang baik dan membangun rasa positif thinking dalam diri. Hihi, kalo saya malah banyak-banyak muter murottal nih,πŸ™‚ tetep bermanfaat bagi dedek di dalem perut, insyaAllah.

~~~

Sepertinya itu dulu yang saya amalkan baru-baru ini, hihiπŸ˜€. Sebenernya banyak kalo mau nanya-nanya sama bumil yang lain yang uda pengalaman. Kalo saya cuma dinasehatin sama ortu juga sodara kalo harus tetep jaga kesehatan, makan sayur yang banyak, intinya kalo Ibunya sehat insyaAllah segala apapun kuat dihadapi. So, yang paling penting adalah membekali diri dengan pemikiran yang baik-baik. Keyakinan is number one, hahaπŸ˜€.

Yah, at the last semoga bermanfaat bagi bumil-bumil yang lagi cari ‘amalan’ buat memperlancar persalinan, hehe. Selamat menanti si buah hati ^^..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s