Dedek 36 Weeks


Mau cerita tentang si dedek nih..^^
Ga ada habisnya ngomongin dedek, hehe..
Alhamdulillah, sesampai di Jogja masih sehat wal afiat ga kurang suatu apapun.πŸ™‚ Dan alhamdulillah juga pekan lalu udah kontrol pertama ke Puskesmas Pundong. Ditemeni Ibu saya, karena si Mas ga sempet nganter pas masih di Jogja. Tanggal periksa 1 April 2013, hari Senin, hari pertama Puskesmas full pasien. Mungkin karena layanan Jamkesmas yang membuat Puskesmas mludak pasien. Kebetulan saya sendiri punya kartu Jamkesmas. Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat. Karena alasan ini dulu ibu saya menyarankan saya untuk lahiran di kampung saja. Biaya yang dipersiapkan untuk persalinan bisa digunakan untuk aqiqahan. Tapi bukan masalah gratis atau tidaknya yang membuat saya pulang. Tapi tentang kenyamanan dan kemudahan mengurus surat surat yang masih terbengkalai.

Kembali ke Puskesmas. Senin hari itu saya mulai ngantri di urutan 14, dengan menggunakan fasilitas kartu Jamkesmas seperti kebanyakan pasien. Lumayan lama, karena jam 08.30 para bidan baru bertugas. Hoho..

Setelah berapa menit berlalu, dengan interaksi sesama bumil, saya akhirnya dipanggil, hihi. Rada nervous dikit, karena biasanya saya dianter si Mas, hiks. Di dalem ditimbang BB, bulan lalu pas masih di Bogor terakhir 53kg dan sekarang cuma 52kg! Hoho, malah kaget sendiri, soalnya saya lumayan doyan makan selama di Jogja. Dan karena saya sudah seminggu di Jogja, maka seharusnya BB saya nambah dong, hiksπŸ˜₯

Lanjut lagi, periksa seperti biasa. TD 110/70, TFU 35cm (hihi, uda panjang ya dek..hehe). Dan karena baru pertama kali periksa disitu, akhirnya diberilah buku KIA yang warna pink itu loh, hihi. Trus disuruh cek darah, suntik TT dan konsultasi gizi. Suntik TT sih ga terlalu sakit, pas di laboratorium itu pas diambil darahnya yang saya ngeri, hehe. Tapi alhamdulillah lancar. Hasil lab menunjukkan HB saya 11,0%. Dan pas konsultasi dibilang bidannya HB saya kurang, hehe saya cuma nyengir doang.πŸ˜› Si bu bidan gizi ini baik banget, ga dimarahin tapi yang penting maem seimbang gitu aja, dipeseni juga buat ASIX 6 bulan. InsyaAllah..^^

Abis itu balik lagi ke ruang periksa, dikasih rujukan ke Rumah Sakit Rachma Husada, karena disitu ga ada fasilitas USG. Dan kata bidannya suruh USG biar ngerti kondisi dan letak janin.

Huufftt, akhirnya selesai..meskipun sorenya harus ke RS, tapi rasanya malah deg-degan, soalnya sejarah setiap mau USG pasti ada aja halangannya, dan akhirnya malah ga jadi USG. Semoga kali ini jodoh ya dek..heheπŸ˜€

Malam harinya…
RS Rachma Husada sebenernya ga terlalu jauh sama Puskesmasnya. Dan sesuai pesen tetangga yang juga bidan RS tersebut, saya telpon siangnya buat daftar antri. Dan saya lupa nanyain dapet antrian nomer berapa, biar saya bisa ngira2 berangkat dari rumah jam berapa. Ya akhirnya saya berangkat sesuai dengan jam praktek dokternya, jam 7 malem dianter sama bapak. Selama periksa saya ga lepas komunikasi sama si Mas. Karena sayangnya dokter di RS ini adanya cuma dokter laki laki, hiks, Si Mas sempet ga ngijinin, tapi karena keterbatasan waktu akhirnya beliau ngijinin, asalkan cuma sekali itu aja. Demi dedek, hoho…

Sampailah di RS, daftar lagi dan surat rujukannya kurang cap! Hadeeeh..(-_-), akhirnya ke puskesmas lagi, berharap bisa dikasih cap malam itu juga. Kalo ga dikasih berarti dedek emang ga mau di tengok Uminya, begitu pikir saya. Alhamdulillah tetangga saya yang bertugas di puskesmas, jadilah ga lama2 dapet deh capnya, hehe. Jadi juga ketemu dedek, hihi.

Balik lagi ke RS…
Dokternya belum dateng, dan saya dapet antrian 15, hoho. Yang baru daftar tanpa telpon aja dapet antrian 25. Hadooh, alhamdulillah banget saya nurut saran tetangga, hihi.

1,5 jam berlalu…
Jam 21.00 saya dipanggil masuk sama perawatnya. Hihi..masih sama, nervous. Seandainya ada si Mas..mungkin ya ga grogi banget. Periksa pun dimulai, singkat padat dan jelas. Langsung ditensi sama mbak2nya, langsung disuruh berbaring dan USG dimulai. Mula mula dilihatin detak jantungnya aktif, kepala sudah dibawah tapi belum masuk panggul, plasenta diatas dan dikomentari sama Dokternya sayang kalo harus SC (yeee..sapa juga yang mau SC dok, ga mau saya), disaranin buat banyak2 nungging (diajarin loh sama mbak2 perawatnya,,hihi). Dan akhirnya dicarilah jenis kelamin dedek, hihi. Awalnya ga mau ditengok gitu, kata dokternya “Wah, malu mbak ini, ga mau ditengok..biasanya nek isin gini anaknya cewek..”. Hihi,,tapi akhirnya, “Ooo..cowok mbak, kayak bapaknya..selamat…”

Alhamdulillah selama nengokin dedek dilayar saya cuma bisa senyum, bersyukur dedek sehat, tanpa lilitan dan bahkan aktif banget. Karunia yang ga terkira, selama ini dedek selalu nurut Uminya buat ga mainan tali pusat. ^_^

Hasil USG:
Umur Kehamilan: 36w G1P0A0
Gs: Positif
Fetal pool: Positif
Janin Tunggal,
Prestasi Kepala,
DJJ Positif,
PLasenta Insersi Korpus
Tidak menutupi OUI
Klasifikasi negatif
Air Ketuban Cukup
Jenis Kelamin Laki2 60% Perempuan 40%
TBJ 2708 gram

Alhamdulillah…sehat selalu yaa dedeknya Umi sama Ayah..^^

#Karena suatu hal, saya ga ngasih tau si Mas hasil USG ini, eh beliau malah ngimpi nek dedeknya cowok..hihi..emang klop ya dedek ngasih tau Ayahnya lewat mimpi. HihiπŸ˜€

Pesan buat dedek:
Sehat selalu ya dek, semangat buat ketemu Umi sama Ayah. Jaga tubuhmu dari tali pusat, aktif cari jalan keluar ya dek.. Umi bantu nungging2, hehe. Lahirlah dengan lembut, nyaman dan mudah. Umi selalu berharap kamu lahir normal, sesakit apapun akan Umi hadapi.πŸ™‚ Jadi carilah jalan lahirmu dek, semangat.. kita berdua pasti bisa!!! ^_^

Buat Ayah:
Sehat juga disana ya mas, selalu doain kita berdua..biar bisa lahiran lancar dan sehat.. semoga rejeki selalu lancar, kerjaan ga ada masalah. Dan semoga kita bisa cepet kumpul lagi..ditambah dedek yang semoga bisa nambah ketaatan ibadah kita kepada Allah. Aamiin..
Salam kangen Dek sama Dedek, :*

Tinggalkan Balasan

