Si Kembar


He’em…

Sekarang jadi malas banget nulis-nulis di blog. Selain karena malas, ini lepi juga sudah sering banget jadi rebutan si kembar. Jadilah saya malah sering ngepost lewat hape. Lagian sekarang si kembar yang lagi duduk di kelas dua ini udah ngerti tulisan dan program komputer. Setiap kali saya pengen nulis, pasti kebaca sama mereka berdua soalnya mereka pasti langsung capcus ndekem*ย disamping saya; maenan laptop.

Hihi…
image

Iya, si kembar ini adalah adik kandung saya. Adik keberapa ya?? Hehe.. Saya ini anak kedua dari 5 bersaudara. Adik saya yang pertama cowok kelas 1 SMA. Dan yang terakhir ya si kembar ini. Udah kelas 2 SD, tapi saya masih nganggep mereka anak-anak TK, soalnya masih mungil dan polosnya ampuun..๐Ÿ˜€

image

Sebelum saya pulang kampung si kembar ini emang nanya-nanya terus kapan saya pulang. Hehe, mbak kesayangan kali yah?๐Ÿ˜›๐Ÿ˜› Sama juga waktu saya masih di Batam, sukanya nanya-nanya kapan saya pulang. Dan semenjak saya pulang si dua anak ini semakin manja aja, haha. Meskipun udah gedhe (ga kayak pas saya tinggal ke Batam, baru TK) tapi polosnya ย masih pure*ย banget. Saya sampe geli sendirian denger celoteh-celoteh mereka.

Pertanyaan pertama yang bikin saya geli adalah “Mbak, wetengmu ono dedek bayine tah?”*. Haha, kontan saya ketawa aja. Tapi mungkin karena belum mudeng, jadinya si dua anak ini nanya-nanya terus. Dengan sabar hati saya menjelaskan bla bla bla tentang si dedek.

Pernah juga, nanya; “Mbak, dedekmu cowok apa cewek?”, saya jawab, “Cowok,,”. Reaksinya apa coba? “Yahhh, kok cowok to? Mbok cewek ngopo mbak, ben dadi kancaku sesuk..”*. Hahaha…memang, anak kecil ga pernah bohong kalo soal kepolosan. Hihi..

Si dedek pun rasanya udah kenal sama calon tante-tante kecilnya. Soalnya tiap si kembar ini teriak-teriak baca buku pelajaran, si dedek udah berontak aja di dalem, serasa pengen keluar trus maen bareng gitu kali yaahh? Hihi.. Sama juga waktu nyemak si kembar ngaji sehabis maghrib, sukanya ndesel-ndesel ga karuan di dalem perut.. oh dedek…bikin Umi ga sabar aja ketemu kamuu…(~_~)

Si kembar ini sebenernya anak-anak cerdas. Kekurangannya ada pada orangtua saya, yang kurang perhatian buat merhatiin sekolah dan tetek bengek*ย yang lain. Iya, bagaimana bisa full perhatian, Simbok saya adalah wanita luar biasa. Pagi masak, nyuci dan beberes rumah, kemudian ke sawah, ngingu* 3 ekor kambing sama seekor sapi gaduhan (gadaian) yang nuntut buat dicariin makan tiap pagi dan sore. Belum lagi urusan kayu bakar buat masak, pengajian rutin ibu-ibu, kelompok koperasi ibu-ibu, dll. Waahh, bisa dibayangkan betapa capeknya dalam sehari. Maka dari itu saya ga heran kalo si kembar ini rada ‘terlantar’ pendidikannya. Padahal si dua anak ini kritis banget kalo nanya-nanya. Bisa sampe sebel yang ditanya, haha.. lha nanya-nya dari bongkot nyampe pucuk*.๐Ÿ˜€

Nah, salah satu kepulangan saya ya karena ini juga, soalnya pengen aja melihara si kembar (ihh, emangnya apaan yah? :D) supaya lebih ‘kopen*’ pendidikannya. Si anak dua ini, eh belom nyebutin namanya yah? Haha, lupa.. He’em, namanya Amanah Septiyani sama Aminah Septiyati. Umurnya udah 9 tahun kurang dikit, lagi duduk di kelas 2 SD. Pinter-pinter semua..yang Amanah pas kenaikan kelas tahun kemaren dapet peringkat 3, yang Aminah saya lupa peringkat berapa,๐Ÿ˜€

Juga aktif ikut TPA.. seminggu 3 kali. Ahad, Senin sama Rabu. Udah Iqro’ 5, tapi udah lumayan lancar baca Al Quran-nya, punya hafalan juga..nyampe surat At Takatsur. Hihi..bener-bener cepet bisa mereka berdua ini. Sekarang juga sering ikutan sholat berjamaah, suka minta diulangin lagi hafalannya, suka minta ditemeni belajar juga, ngerjain peer, dll. Rasanya udah jadi ibu beneran, ngajarin mereka, yang harus punya kesabaran ekstra. Namanya juga anak-anak, kalo belom mudeng ya bakal dicecar sampai habis. jadi harus bisa mempersiapkan jawaban yang memuaskan bagi mereka.

Sama juga, waktu suatu sore bikin mi instan. Dengan pinternya bilang gini, “Mbak, banyu godog-ane mi kuwi dibuang lho..lemuni Ibu’e Lia (tetangga yang jadi bidan) banyune ora sehat..gek bumbune tak suntak nang mangkok yoo mbak???*”. Nah, jadi heran sendiri saya,๐Ÿ˜› soalnya Simbok ya ga ngerti gini-ginian, yang penting masak ya cemplung-cemplung gitu deh. Hehe, jadi senyum sendiri, berarti adek saya ini ngerti dan juga kritis.

Tapi, yang paling bikin saya kadang kaget ya kalo lagi nanya-nanya tentang dedek yang ada di perut saya ini. “Mbak, berarti aku sedilit ngkas nduwe adi yo? Tapi adike mbak Novi ding..*” Wkwkwk, geli banget saya.. “Mbak, kok iso to dedek’e nang wetengmu ngono?*”.. Duh, kewalahan saya, (-,-).

Dan biar ngerti juga, si dedek suka saya bilangin, “Iki Lek Kembar..kenalan yo dek..”๐Ÿ˜€. Si Kembar pun sering saya minta ngelus-ngelus nek lagi nendang-nendang, bahkan kadang sampe diliatin ndleleng* gitu perut saya, hoho.. terus komentar “Mbak, kok obah ki dedek lagi ngopo?*”, “Bal balan..*”, jawab saya..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Yah, begitulah.. adek kembar saya ini bikin kesabaran saya semakin meningkat aja. Biasanya di kontrakan ga ada temen, dan sekarang bisa maenan mereka berdua, hihi.๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Ahad, 14 April 2013

kamus:

*ndekem: duduk manis

*pure: alami

*“Mbak, wetengmu ono dedek bayine tah?”; Mbak, perutmu ada dedek bayinya ya?

*ย “Yahhh, kok cowok to? Mbok cewek ngopo mbak, ben dadi kancaku sesuk..”; Yahhh, kok cowok sih? Mbok cewek kenapa mbak, biar jadi temenku besok..”

*ngingu; melihara

*bongkot nyampe pucuk; akar sampe pucuk

*kopen; diperhatikan

*Mbak, banyu godog-ane mi kuwi dibuang lho..lemuni Ibu’e Lia (tetangga yang jadi bidan) banyune ora sehat..gek bumbune tak suntak nang mangkok yoo mbak???; Mbak, air rebusan mi itu dibuang lho, kata Ibunya Lia, airnya ga sehat..trus bumbunya tak tuang di mangkok ya mbak??

*Mbak, berarti aku sedilit ngkas nduwe adi yo? Tapi adike mbak Novi ding..: Mbak, berarti aku bentar lagi punya adik ya? Tapi adiknya mbak Novi ding..

*Mbak, kok iso to dedek’e nang wetengmu ngono?: Mbak, kok bisa sih dedeknya di perutmu gitu?

*ndleleng: merhatiin banget

*Mbak, kok obah ki dedek lagi ngopo?: Mbak, kok gerak tu lagi ngapain?

*Bal balan : sepak bola

Tinggalkan Balasan

