Birth Story of Hafidz (part 1)


Alhamdulillahirobbil ‘alamin…
Telah lahir putra pertama dari Novi Turasmiasih dan Murtadlo, pada tanggal 19 April 2013 pukul 20.40 WIB.

:’)
Suatu kebahagiaan besar bagi saya, melahirkan seorang bayi mungil, yang begitu ganteng dan pinter. Maaf sekali karena kesibukan menjadi seorang new mom membuat saya sedikit lupa sama blog, hehe. Oke, kali ini saya akan cerita tentang kisah lahirnya dek Hafidz.

Hari itu Jumat, 19 April saya masih biasa2 saja. Pagi2 masih jalan-jalan sama si kembar, goyang2 pinggul sampe ngakak ga karuan, nengokin sapi sama kambing, naik turun jalanan samping rumah, pokoknya masih sehat wal afiat.

Sehabis nyabutin rumput depan rumah, kok perut mules yah? Kayak mau haid gitu. Akhirnya browsing, nemu istilah braxton hiks (kontraksi palsu) dan saya pikir ya emang kontraksi palsu, soalnya HPL aja tanggal 2 Mei. Mules masih terasa, meskipun belum sering. Dedek juga tambah nendang2 aja, bikin rasa kayak mau beol gitu. Dan seharian itu emang saya ga doyan makan, siang cuma maem urap daun mbayung sama pisang 3 buah. Cerita tentang pisang ini jg lucu, berapa hari sebelum lahiran si Mas nyaranin maem pisang, sama beli sate kambing, biar tekanan darah saya ga rendah. Dan pagi itu kebetulan Simbok ke pasar, jadi saya pesen sekalian.

Siangnya mules makin intens, bikin saya panik, apa mau lahiran hari ini ya? Akhirnya WA si Mas, saya suruh cari tiket kereta malem hari itu. Si Mas masih sempet nghibur, mungkin kontraksi palsu jadi jangan panik. Tapi insting saya emang kayaknya mau lahiran, jadi saya paksa browsing tiket siang itu. Masih disemayani juga sama si Mas, nyuruh saya istirahat nek capek. Akhirnya saya ngalah, ya mungkin kontraksi palsu doang. Dan saya cuma mringis2 tiap mules datang.

Sore sekitar jam 3 saya udah dicurigai Simbok, kenapa saya pringas pringis nahan sakit dan ga maem lagi. Ditanyain kenapa, saya cuma bilang mules dikit. Seinget saya jam segitu mulesnya uda 10 menit sekali. Dan Simbok pun curiga, saya bakalan lahiran hari itu. Ditawarin periksa ke tetangga yang bekerja jadi bidan di puskesmas, sebut saja Lek Yanti, tapi saya belum mau. Semakin sakit mulesnya, dan rasanya cuma pengen jongkok mau beol. Lapor sama Simbok ngrasain gitu, langsung aja masukin baju2 yang uda saya siapin beberapa hari yang lalu. Saya jadi panik lagi, kembali WA si Mas, beneran maksa beliau pulang. Si Mas juga separo panik, kerjaan belum jam pulang, browsing tiket kereta ya ndilalah ga ada lagi kereta malam hari itu. Janji si Mas nyari tiket paginya, secepatnya gitu intinya. Saya pun pasrah. Alhamdulillahnya saya ga nangis sampe lahiran, mules pun saya masih bisa nahan.

Jam 5 sore, saya minta Simbok masakin air panas, saya pengen berendam. Hihi, Simbok sampe heran, mau dipake apa..saya cuma bilang, pengen ndekem aja biar ga sakit mulesnya. Saya mandi hampir setengah jam, sampe Simbok khawatir, ngapain saya dikamar mandi lama banget, hehe. Abis mandi air anget, badan lebih enakan meskipun mules masih menggila aja. Dan Simbok maksa nelpon Lek Yanti, jadinya saya telpon, lapor nek mules uda 5 menit sekali, tapi lendir darah belum keluar. Saya juga awalnya matokin si lendir ini, nek belum keluar saya belum mau kemana2. Bener2 ketakutan kalo harus nunggu bukaan di RS, khawatir terjadi intervensi yang tidak saya harapkan. Yah, akhirnya saya nikmatin mules2 di rumah, lumayan masih bisa ngapa2in. Lek Yanti nyaranin ke RS kalo uda keluar lendirnya, ato kalo uda ga betah sakit ya langsung ke RS aja (RS Rachma Husada). Saya pun bilang ntar aja, saya masih kuat nahan, malah saya minta si daftarin poli kandungan, siapa tau cuma kontraksi palsu gitu, hihi.

Sesaat sebelum maghrib saya masih jalan2 didepan rumah, minum teh anget sambil selonjoran. Mules makin hebat aja, sambil WAan sama si Mas yang ribut nyari kereta pulang. Ngulet2 dikasur, pindah sana sini nyari posisi nyaman, tapi kok ya ga nyaman2. Saya ga mau maem, perut udah kosong dari siang, karena udah saya beol-in semua. Dipaksa maem sama Simbok, dan yang terjadi malah muntah semua. Huhu..ganti baju soalnya muntah nyampe ngotorin baju, sekalian sholat maghrib. Sehabis sholat saya cuma minta kalo hari ini dedek mau lahir saya minta kemudahan sama Allah, sekalipun ga didampingi si Mas.

Sehabis maghrib akhirnya saya ngalah untuk ke RS. Dianter bapak, saya masih berharap cuma kontraksi palsu, ketemu Dokter dan bisa pulang lagi (masih berharap dedek nunggu Ayahnya). Simbok nunggu dirumah, kalo uda divonis mau lahiran simbok meluncur sama adek cowok saya. Selama perjalanan masih mules2, masih aktif WAan sama si Mas, yang nghibur saya terus, ngingetin ngatur nafas yang bener, dll.

19.00 tepat adzan Isya, saya nyampe di RS Rachma Husada, langsung ke administrasi, bilang mau ke poli kandungan, uda didaftarin Lek Yanti, saya nanya antrian berapa ya? Ternyata dikasih antrian nomer 2. Langsung ke antrian poli kandungan, sama bapak. Sempet ngobrol2 jg sama bumil yg lagi ngantri juga. Ke toilet bentar, ngecek lendirnya keluar apa belum. Ternyata belum keluar, huufftt pringas pringis lagi nahan sakit. Ga betah nunggu dokter akhirnya saya ngajak bapak nyari Lek Yanti di pos jaga UGD. Katanya malah lha kok ga nyariin dari tadi to, ayo sekalian VT aja. Hadooohh..saya langsung digiring ke UGD sama 3 bidan termasuk Lek Yanti. Di VT ternyata uda bukaan 5 tipis, whooaaa…heboh WA si Mas yang kaget banget kenapa uda bukaan 5. Lek Yanti sampe separo terpana, “Lha gene wis bukaan lima, kok kamu betah nahan sakit?”. Hehe, cengengesan doang sambil pringas pringis. Pasrah, saya didorong pake kursi roda, padahal saya masih bisa jalan kaki, tapi karena habis VT darah langsung keluar akhirnya saya manut aja daripada darah berceceran kemana-mana.

Lek Yanti langsung cekatan ngasih tau bapak, Simbok suruh dateng cepet, soalnya ga ada 1 jam mungkin udah lahir. Saya denger dari dalam ruang bersalin. Bidan yang lain pun sumringah gitu dapet pasien saya, hehe. Di ruangan itu saya disuruh berbaring miring kiri, padahal waktu itu saya pengen banget jongkok posisi beol gitu, hiks. Tapi ga papa lah, daripada mondar mandir ga karuan. Sehabis di VT, darah terus keluar kayak haid, berbaring miring kiri, mules makin menggila, rasanya cuma pengen ngeden beol, tapi yang spaneng miss V-nya bukan duburnya. Hoho..Lek Yanti bilang nek kenceng mulesnya tarik nafas keluarin lewat mulut. Tapiii susahnya ampuuunnn, saya berusaha rileks, sendirian soalnya simbok belum dateng2 jg, sampe Lek Yanti gemes banget.

Tiap mules kenceng saya nahan sebisa mungkin biar ga ngeden, tapi kayaknya ga terlalu sukses. Saya istighfar terus,,pegangan tepi ranjang, sesekali nengok hape, WA yg lemot, si Mas yang panik, dll. Sewaktu masuk ruang bersalin saya minta sama si Mas sholatin hajat, telponin simbok mertua, minta doa supaya lancar. Si Mas mengiyakan, sehabis itu saya ga pegang hape lagi, sempet ditelpon si Mas yang separo ga tega denger saya nahan sakit, akhirnya saya suruh matiin telpon biar saya bisa konsentrasi. Semangat dari si Mas ditulis lewat WA, “Dek sabar, istighfar, atur nafas yg bener, sakit dek nggugurin dosa dek, mas selalu doain dek,..sabar ya dek..”. Biasanya nek uda digituin saya nangis keinget beliau, tapi pas itu saya ngga kepikiran nangis. Yang ada cuma pengen dedek lahir sehat dan lancar.

Simbok akhirnya dateng. Dan bukaan lengkap, ketuban dipecah, dan perang dimulai. Ngeden yang pertama salah, hehe lupa kalo harus disalurin kebawah, nafas saya malah saya buang lewat mulut. Haha, keinget itu saya cuma cengengesan. Ga krasa kalo ternyata diepisiotomi, padahal saya masih kuat kalo disuruh nahan dan ngeden. Dua kali ngeden, dan terakhir saya sedikit teriak karena gemes, Allahu Akbar…!!! (Untung reflek kalimat Allah, bukan kata2 kotor) Alhamdulillah dek Hafidz lahir dengan tangisnya yang membahana. Langsung dipotong tali pusat, dibersihin sebentar dan alhamdulillah bisa IMD meskipun sebentar.

Langsung nyari hape, poto dedek jepret, WA si Mas, langsung telpon. Alhamdulillah, terharu banget. Saya langsung minta diadzani via telpon. Bidan2 yang nangani saya sampe terharu, Lek Yanti aja bilang telponnya ditempelin situ aja biar dedeknya denger. Si Mas langsung ngabarin simbok mertua.

Ketegangan kembali terjadi, 15 menit berlalu dari lahirnya dedek, plasenta belum mau keluar. Disuntik 2 kali, tetep aja belum keluar, katanya plasenta kecil, jadi rada susah dikeluarin.Akhirnya dipanggil dokter, laki-laki. Berkali-kali saya istighfar, semoga bukan termasuk dosa,๐Ÿ˜ฆ. Plasenta keluar, sekalian kuretase pembersihan rahim. Memang tersisa beberapa bagian plasenta yang tertinggal. Alhamdulillah selesai.

Dilanjutkan dengan aksi jahit menjahit. Saya minta dek Hafidz ditaro di dada saya, biar bisa IMD lagi, sekalian mengalihkan perhatian saya biar ga ngrasain sakitnya dijahit. Soalnya g dibius sodara!! Dan alhamdulillah sobeknya luar biasa banyak dan ga beraturan. Singkat cerita dengan pringas pringis kesakitan, mainan hape, mainan dedek, akhirnya penjahitan selesai. Jahitan yang fantastis, 15 jahitan. -No comment-

To be continued..

2 thoughts on “Birth Story of Hafidz (part 1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s