Toilet Training


Apa itu Toilet Training?

Toilet Training itu istilah jawanya proses “tatur”, yaitu membiasakan anak untuk pipis dan pup di kamar mandi. Kenapa saya cerita tentang TT ini?

Hafidz itu termasuk cerdas, saya aja sampe bengong doang pas membiasakan TT, dia langsung bisa pipis ga lama setelah saya buka popoknya. Meskipun pupnya masih dikasur, kadang2 juga malah pup pas ditatur pipis. TT ini dulu saya ga setuju dibiasakan ke Hafidz yang masih bayi. Umumnya kan TT ini diatas 1 tahun ya, ato paling ga udah bisa jongkok gitu. Tapi karena Ayahnya ngotot pengen biasain biar Hafidz jadi anak yang resikan/bersih, akhirnya saya manut. Jadilah Hafidz mulai ditatur pas umur 35 hari (selapan).

Dia pinter, tiap mau pipis nangisnya beda. Pas awal2 saya khawatir kena ISK (Infeksi Saluran Kencing), karena sebelum TT dia suka nangis dan endingnya ngompol. Tapi semenjak ditatur, nangisnya mulai berkurang, dan juga mulai terbiasa melihat suasana kamar mandi yang artinya kalo dia disitu berarti dia harus pipis.

Awalnya seneng dan bangga ya, anak umur segitu udah bisa diajak mandiri dan resikan. Tapi dalam hati saya kadang ngrasa kasian, tiap habis pipis dicebokin pake air dingin, entah pagi ato sore. Kadang pas Ayahnya kerja, saya ga maksa2 Hafidz buat TT, soalnya kadang juga nangis kalo dibawa ke kamar mandi, mungkin ga mood gitu ya, hihi.

Saya kadang ngomel, anak segitu digebyur air dingin pas cebok, saya yang kasian. Tapi juga ga berani ngomong sama Ayahnya (kalah argumen terus). Saya cuma bilang, fitrahnya bayi ya ngompol, ngompol itu bukan kesalahan anak yaa, kalopun dia mau TT, berarti emang dia mau diajak disiplin. Cumaa, kalo dia ngompol ya udah, ga papa. Ga usah terlalu perfeksionis gitu. Emang masih wajar kok bayi umur 2 bulan itu ngompolan. Dan juga saya masih bersedia nyuci popoknya Hafidz kalo dia boros popok karena ngompol.

Yaahh, saya emang ga tegaan sama anak, tapi masalah TT ini saya emang beneran ga mau maksa Hafidz. Bagaimanapun, seorang Ibu itu selalu memaafkan anaknya, apalagi cuma masalah ngompol.

*curhatan geje setelah debat sama si Mas, (-,-)*

4 thoughts on “Toilet Training

Tinggalkan Balasan

