Tentang Kebiasaan Anak


Kemaren petang sehabis Maghrib saya dan si Mas dikagetkan dengan ‘tamu’ kecil. Ya, anak2 tetangga sekitar rumah kontrakan. O iya, belum ada sebulan kami pindah kontrakan. Karena kontrakan sebelumnya model petak dan tetanggaan sama bujang2, akhirnya kami nyari kontrakan yg satu rumah. Biar ga nganggu tetangga, khawatir kalo Hafidz rewel bakalan berisik banget.

Nah, di lingkungan kontrakan yg baru ini banyaakk banget anak2 kecil. Dan suasananya emang kayak kampung gitu. Karena di kontrakan sebelumnya hampir ga ada gangguan suara anak kecil yg lagi heboh dll, di kontrakan baru ini suasana lumayan rame. Tapi bukan ramenya yg bikin saya tergelitik ngepost tulisan ini.

Mmmmm… setelah hampir sebulan ini mengamati tingkah anak2 disekitar sini, saya kok malah terbengong2 n ga bisa komen ya. Kenapa?

Yaa namanya anak2 pasti suka banget main, kesana kemari.. secara anak kecil kan biasanya ga punya rasa capek buat main2.. termasuk main ke rumah tetangga.

Nah, saya kaget banget sewaktu Maghrib anak2 ini malah main2 jg ke rumah kami. So,, saya juga cuma bengong doang. Haahh,,disini anak2 dibiarin main ya kalo uda selepas maghrib?? Hoaaa… *tepokjidat*

Begini,, mungkin yg bikin saya dan si Mas kaget bukan kepalang adalah lingkungannya. Dari kecil kami berdua hidup di lingkungan njawa, yg segala sesuatu ada aturannya. Termasuk mengenai hal ini. Di Jogja, mana ada anak2 dibiarin main2 selepas Maghrib?? Yg ada anak2 pada dipingit, disuruh ngaji atopun belajar.

Nah, dari situlah saya langsung haaaahh?? Kaget aja, soalnya pintu rumah juga sudah kami tutup. Dan ‘ajaib’nya lagi, mereka masuk tanpa salam, nylonong gitu aja. Hooaaa,, saya cuman diem aja sambil nidurin Hafidz. Sedangkan si Mas berusaha ‘ngobrol’ pelan2 sama mereka.

“Kok kalian ga ngaji? Ini kan habis Maghrib..”

“Kan udah Om, tadi ngaji pas TPA.”

“Oooo..”

Saking gemeznya saya nih, saya langsung aja nyrocos:

“Eh, ini maghrib2 lho.. kalo abis maghrib itu ga boleh maen. Maennya kalo siang aja yaa.. abis maghrib itu ngaji, ato kalo ga belajar..”

Tau ga apa reaksinya? Nol besar!! Ga digubris sama sekali, malah mereka maen2 nggodain Hafidz yg udah ngantuk. Pungkasannya saya bilang, “Dek Hafidz mau bobok dulu yaa, maennya besok lagii..”

Dan ajaib, mereka langsung pulang.

Huufftt.. sebenernya ga ada ya niat ngusir gitu. Tapi mau gimana lagi, menurut kami waktu Maghrib itu waktu singkat. Dan lagian seharusnya orangtua ngerti dong ya, maghrib2 itu seharusnya anak sudah berada di rumahnya masing2.

Yaah, namanya lain lubuk lain belalang. Saya jadi greget aja. Tipikal anak sini sama anak2 di kampung saya beda banget. Kalo di kampung dialog saya diatas bakal dianggep “memarahi”, padahal saya cuma pengen “menasehati”. Nah, beda kan ya?

Di kampung, kalo uda ditanyain kayak “Kok ga ngaji?”, mereka langsung paham, berarti ga boleh maen jam segitu. Lah, kalo disini? Kudu berkali2 juga ngomonginnya. Saya jadi ngrasa galak deh,😦

Tapi pesen ortu anak2 ini, kalo bandel emang harus digituin. Nah lho? Saya kan ga biasa nyeramahin anak kecil. Takutnya saya di cap galak, hoho. Dan dari dulu saya emang ga terlalu pinter gitu nasehatin anak2 supaya nurut.

Hmmm,,
Mungkin kudu lebih sabar aja ya.. saya kaget aja kebiasaan anak2 disini yg ga terlalu diperhatikan orangtuanya.

Bagaimana dengan anak2 disekitar Anda??

Bogor, 30 Agustus 2013

(ini tulisan malah nangkring di tong sampah, untung belom ilang ya, nulis postingan ini aja butuh perjuangan, pake hape soalnya,, hehehe)

2 thoughts on “Tentang Kebiasaan Anak

  1. Wah,,samaan bgt nih sm lingkungan sekitar kontrakanku di sini mb (aku tinggal ikut suami penempatan di pelosok maluku utara,tobelo :)). Anak2 di sekitar sini lbh ajaib lg mb,ga pakai sandal,main masuk nyelonong,lgsg masuk ke kamar krn liat ada mainan anakku di kamar *jedutin kepala ke tembok*. Udah gitu dianak ngmg bhs indonesia ga ngerti,bisanya pakai bahasa “ngana2”. Lha aku yg ga bs😦. Emank lain ladang lain belalang mb,,ini org2ny juga lain bgt. Di solo mana ada ky gn. Udh gitu ortunya malah asik duduk di “meja” warung dkt rumah. Jd curhat nih

    • hiks, sama mbak.. aku sampe bingung mau gimanain ini anak2.. mau ditegur takut mereka nyangka aku galak.. hiks hiks.. emak-nya juga ga tll pada merhatiin, jadi kasian juga sebenernya.. anak kan harus tau tata krama, setidaknya diajarin lah ya.. hiks.. hiks jadi serba salah jugaaa

Tinggalkan Balasan

