Gabagen/Tampek


Ini cerita pas Hafidz mulai sakit,

Jum’at kemaren (8 November), si Hafidz badannya anget. Cuma anget, bukan panas. Dan bagi saya itu bukan masalah, soalnya anaknya ga rewel, nangis, gendongan atau apalah..pokoknya masih ceria, aktif, makan lahap dan ga ada tanda-tanda sakit. Jadi hari Jum’at berlalu tenaaang dan damai.

Sabtu pagi..

Suhu badannya uda ga anget lagi, tapi panas! Yup, ini si emak belom sempet beli termometer suhu, jadinya ga bisa ngukur berapa delcel-nya, :3 :3. Oke, berusaha tenang. Si anak masih aktif ceria dan doyan makan, no problem kan ya? Cuma demam gitu…
Sabtu sore…

Badannya mulai panas banget, mulai rewel, mulai nangis, mulai gendongan. Tenang…tenang.. ini bocil kira-kira kenapa ya? Ngubek2 file grup anak tentang demam, kalo anak demam emaknya harus tenang tapi waspada. Nah? Di dokumen dijelaskan: Demam bagi bayi diatas 6 bulan jika suhu kurang dari 40 delcel sebaiknya dirawat di rumah dulu, sembari diawasi kalo sewaktu-waktu ada tanda lain yang membahayakan. Hiks!! Saya belom beli termometer!! Dan suhu badan Hafidz kan ga bisa dikira-kira pake tangan berapa delcel-nya. Huhuhuhu… dan malam itu Hafidz ga rewel, tapi menjelang pagi mulai bangun-bangun terus minta nenen. Dan suhunya makin panas aja, tambah deg-deg gitu nih saya. Saya uda mutusin Minggu pagi ke dokter aja..

Minggu pagi..

Uda ceria lagi meskipun masih panas, tapi panasnya ga sepanas semalem. Jadi batal ke dokter.

Minggu sore..

Karena uda ga rewel, saya sama si Mas pergi jalan-jalan beli sanmol (tapi ga kepikiran beli termo). Dan sore itu ndilalah ujan, jadi pulang kena ujan grimis dikit (kalo di kampung, kami uda diomelin ortu nih, :P). Malamnya badan Hafidz mulai anget lagi, tapi cuma anget..bukan panas. Saya coba tenang, ini mau tumbuh gigi apa gimana? Saya cek gusi ga ada perubahan, pertanda bukan ini masalahnya. Share ke grup anak komennya macem-macem: ada yg bilang waspada DBD (soalnya uda lebih dari 3hari) dan disarankan segera cek darah. Huaaa,, masak iya DBD? Baca komen lagi ada yg bilang: otaknya lagi berkembang jadi anget (waktu itu yg anget Cuma kepala doang, tubuh engga), disarankan home treatment aja selama anaknya ga rewel, lemes dll. Kesimpulannya? Aduuuh jadi makin bingung saya.. huhuhu

Senin pagi..

Rencana mau ke dokter meskipun panasnya uda turun (tapi masih anget), eh sama si Mas ga usah aja, ga usah ke dokter, minum parasetamol aja.Tapi kan saya penasaran ini bocil kenaapaa?? (T_T). Akhirnya minum sanmol 2 jam kemudian bener-bener dingin, ga panas/anget. Legaaaa..

Selasa pagi a.k.a tadi pagi..

image

Tetep narsis..

Lha kok muncul bintik-bintik kayak biang kringat?? Ini apa lagi??? Ternyata menurut pengalaman tetangga dan temen-temen, Hafidz kena TAMPEK/GABAGEN. Alhasil tubuhnya berbintik-bintik merah kayak biang kringat. Ngobrol-ngobrol sama tetangga katanya kalo tampek ga boleh kena air. Lah, berarti ga boleh mandi dong? Cebok juga? Wew,, masa iya?? Aduhh masih kepikiran mitos kali.. masa ga boleh kena air? Kan kringetan, kalo ga mandi berhari-hari gimana? Hehe, membandel nih, si Hafidz tetep aja saya cebokin, mandi, cuci muka dll😀.

Oke.. sekarang berarti Hafidz kena Tampek ya, bukan DBD. Hufftt..

Dan tau ga selama Hafidz sakit ini saya sama si Mas sering selisih paham, terutama masalah pergi ke dokter. Entah karena saya panikan atau karena mindset saya tuh kalo uda periksa uda tenang (se-sepele apapun sakitnya). Si Mas tetep bersikukuh ga usah ke dokter, minum obat/sanmol aja.

“Ini lagi demam, dek. Demam itu lumrah, apalagi bagi bayi. Imun tubuh lagi melawan virus. Ntar juga sembuh, ga usah khawatir berlebihan deh. Justru kalo dikasih obat macem-macem ntar malah ga sesuai sama prosedur sakitnya. Itu sanmol juga cuma buat ngurangin nyeri, bukan nyembuhin penyakit..”

Pokoknya gitu deh, padahal apa yang dibilang si Mas itu plek lho sama dokumen2 grup. Hadeeh, jadi saya nih yang ga tenangan, alias panik. O ya, satu lagi masalah selisih paham. Tadi malem itu si Hafidz boboknya glundang-glundung ga nyenyak. Dikit-dikit nangis, ga tenang gitulah. Feeling saya ini bocil pasti capek, wong boboknya mubeng-minger ga karuan. Saya langsung usul pijet ke tukang pijet bayi. Dan apa coba jawabnya?

“Pijet sendiri aja.. ga usah ke paraji, ntar takut malah kenapa-kenapa..”

Haduuuuhhh… dongkol bin jengkel deh. Tiap kali denger pijet si Mas langsung nglarang. Begitupun kalo saya yang minta pijet ke tukang pijet. Jadi kalo saya ngeluh capek ato pegel-pegel, si Mas ini pasti mau mijetin saya. Nah? *nangis* Saya tu bukannya gimana-gimana ya, saya tu cuma kasian, uda kerja, seharusnya saya yang mijetin, ini malah kebalikan.. ga enak ati kan meskipun sama suami sendiri, huhuhuhu. Jadi selama ini saya berusaha ga ngeluh capek, padahal saya pengeeen banget sekali-kali pijet gitu, tapi apa dayaa…. *udahan*

Jadi ending-nya si Hafidz kena Tampek dan juga kecapekan. Attitude saya sebagai Ibu sepertinya perlu diperbaiki dan harus. Semoga besok udah sembuh yaa..

11 thoughts on “Gabagen/Tampek

  1. ceritanya mirip dengan anak saya mbak. Dalam beberapa hari panasnya naik turun. Ketika cek darah tidak ada tanda2 DBD, setelah pulang dari cek darah timbul bintik bintik, kata mbahnya ternyata gabagen.

  2. salam kenal mb, hari ini anakku persis seperti cerita itu, brows di google ketemulah artikel ini, terimakasih ini udah bikin aku g terlalu panik, hehe

  3. Ini aaya lagi ngalamin hal yang sama . panas tinggi terus keluar deh bintik bintik merah nya . tapi ga serius khan ini penyakit bunda

  4. Kl anak sy br sehari panas lgsung sy bw ke Dr tp didiagnosa ktx radang tnggorokan eh dah lewat 4hr baru ketauan kl gabaken pdhal obat dr Dr dah hbis…trus ni Dr koq bs salah sich? Pdhal Dr pngalaman…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s