Flu Singapur


Jum’at malam bocil Hafidz badannya anget, sampe 39 delcel. Waktu hari Sabtu doi masih biasa aja, masih ceria meskipun sedikit rewel dan manja. Pokoknya panasnya naik-turun gitu, dan di sekitar mulutnya ada bintik2 kecil. Saya pikir alergi telur soalnya waktu itu lagi makan telur puyuh. E lha kok ternyata nyebar ke hidung dan tenggorokan juga, semacam sariawan dan sakit buat nelen makanan atopun minuman (ASI juga). Alhasil dua malam doi boboknya susaaah banget, jam 1 malem baru mau bobok, itupun digendong dulu baru merem. Nenen ga doyan, apalagi makan. Cuma emang kudu minum air putih banyak jadi saya paksa minum air putih.

Setelah 3 hari 2 malam teler dg polahnya bocil saya baru tau kalo ada bocah di belakang rumah yg habis kena Flu Singapur (HFMD/PKTM: Penyakit Kaki Tangan n Mulut). Ternyata uda 3 hari yg lalu, dan seinget saya bocah itu sempet nguyel2 Hafidz pas lagi ngaji. Oooalaah… habis browsing itu penyakit tyt menular banget. Jadilah saya cm ber-ooo ria, pasrah.

Bintik2 semacam cacar mulai muncul di kaki n tangannya. Yg di sekitar mulut alhamdulillah sudah kering krn saya olesi madu. Ga tau itu bintik gatel apa ga, lha wong bocil biasa aja, cm emang rewel tapi ga garuk2 sih.

Singkatnya kemaren malem saya anter periksa ke dokter. Seperti biasa, karena pake Askes dari perusahaan si Mas kami pergi ke RS langganan, RSIA Citra Insani Parung. Ini RS langganan bocil imunisasi, tapi sama bidan bukan sama dokter anak,.haha. Sekali ketemu dokter anak di RS ini saya langsung trauma (pas bocil campak), ih pokoknya dokternya tu ga enak buat sharing2 gitu, mana hobinya nulis resep banyak dan endingnya pulang bawa obat segambreng waktu itu. Nah, drpd keulang kayak gitu saya mutusin ke dokter umum aja (yg pro ASI n pro MPASI homemade, waktu campak sempet ke dokter Shendy, ramaaaah banget n informatif..obatnya dijelasin satu2). Dan ternyata kemaren itu sama resepsionisnya dirujuk ke dokter anak tanpa info dulu, hihi padahal kami ngantri di poli umum, untung ruangannya ga jauh meskipun kami sempet ngeblank pas bocil dipanggil dr poli anak. Lha wong ga daftar ke poli anak kok dipanggil, haha. Akhirnya masuklah kami ke ruang dokter, hehe dokternya laki-laki namanya dokter Alin Bijaya sp.A. Pas baru ditimbang sama susternya aja uda nyeletuk, “Wah lagi musim nih flu singapur…”. Hehe saya sama si Mas nyengir, krn memang kami uda cari2 info di internet. Konsul dokter memang kami lakukan malah pas udah tau sakit apa, cuma mastiin gitu dan cari obat tentunya. Dokternya bilang gpp, bisa sembuh sendiri dan jangan lupa tetep mandi ya pake sabun, gitu katanya. Diresepin obat salep sama obat sariawan, ada antibiotiknya tapi ga saya minumin, hehe. Oya biaya di RS ini kalo pake asuransi dari perusahaan pasien cm tinggal bayar 10% dari total biaya. Kemaren Hafidz obatnya hampir 200rban, total biaya 300rban dan kami tinggal bayar 30ribuan, alhamdulillaah…

Ya sudah akhirnya kami pulang dan ngrasa lega aja. Karena saya tu kalo anak sakit syaratnya ya kudu ke dokter/periksa lah minimal, soal obat diminumin ato ga itu urusan belakangan, hehe. Dan selalu begitu,.Hafidz kalo dari RS pasti uda ceria lagi, hehe obat cuma 1-2x minum aja.

Sekarang sudah baikan, meskipun bintiknya masih tapi yg penting ga rewel lagi. Sudah doyan makan dan bisa bobok nyenyak lagi. Sehat ya dek, huss huss huss pergi penyakitnya. Aamiin..

2 thoughts on “Flu Singapur

    • Tiap hari ada mba. Sekitaran jam 16-18 dan 18-20. Yg 18-20 kayaknya sabtu saya lupa mba. Googling aja jadwal dokter citra insani gitu ada mba

Tinggalkan Balasan

