Kue Kacang Jadul


Ini aktivitas brp minggu yg lalu sih, pas Bapake Hafidz libur.. jadi ada yg bantuin *ehem. Sebenernya aku sih ga terlalu doyan kue-cake-dan teman2nya. Tapi apalah daya otang yg nganggur bikin suamiku ngomel aja, minta dibeliin tapi ga dipake. Wkwkw..dipake baru sekali pas lebaran niat hati ga mudik n bikin kue2 kering aja, e lha baru bikin kastengel sekali aja lsg jadi mudik, yo wis akhirnya itu lah pertama kali bikin kue kering.

Dan skrg ini kue kering kedua-ku. Resep diambil dari mba Diah Didi yg kondangnyaaa hebat. Tp aku ga bisa nge-link, lupa.. haha.. karena berhubung pas mudik dibawain kacang tanah sekilo, jadi aku bikin kue ini biar yg ngemil tambah gendut (harapannya).

Jadi aku kasih kopian resepnya aja yak:

KUE KACANG

Bahan-Bahan:
400 gram terigu
250 gram kacang tanah kupas yang sudah di sangrai (krn aku pake kacang jawa, jadi aku sangrai n ngilangin kulit arinya dulu, manual loh haha)
200 gram minyak goreng ( di timbang ya )
150 gram gula halus ( menurutku ini dah manis banget )
1 sdt garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
2 kuning telur  dan 1 sdm mentega untuk polesan

Cara Membuat :
1. Blender kacang tanah sangrai hingga halus. ( kalo kayak aku tunggu sampe dingin dulu yak kacangnya, klo diblender panas2 bisa jd pasta kacang :D)
2. Campur tepung terigu, gula halus, garam, vanili, kacang tanah sangrai halus,dan terakhir masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit ya, aduk dengan spatula hingga tercampur rata dan adonan jadi lembab. Jika sudah cukup lembab dan bisa di pulung..minyak masih..tidak perlu di habiskan..nggak pa2.
3. Tutup adonan dengan plastik dan simpan adonan didalam kulkas selama kurang lebih 1 jam.
4. Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang, cetak adonan sesuai selera
5. Taruh kue diatas loyang yang telah dipoles margarin, poles bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega. 6. Panggang dalam suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang.

Karena aku masih meraba2 otangku, jadi aku ngovennya 45menit dg suhu yg aku ga tau, haha. Tapi so far jadinya ga buruk kok, rasanya plek kue kacang jadul jaman kecil. Cuma emang penampakannya ga secantik orang2 punya, hehe..

image

Potonya malem2, jadi begini dah..

Oke, selamat mencoba yaaak…

Tinggalkan komentar