[Resep] Tahu Gulung Isi Sosis


image

Hehe, ini adalah masakan kedua yg saya eksekusi hari ini. Sumber dari blognya mbak Endang, JTT (gbs nge-link hiks). Cara bikinnya simpel banget sebenernya, tapi bagi saya ini rada ribet dikit. Hehe, yuk intip…

Bahan:
5 buah tahu putih ukuran sedang, haluskan dan peras sampai airnya habis
2 buah wortel ukuran kecil, serut
Sehelai daun bawang n seledri iris tipis
2 buah telur ayam
4 buah sosis ayam

Bumbu halus, takarannya sesuai selera aja ya..hehe
-Bawang putih
-Merica
-Kemiri
-Garam

Bahan kulit:
2 buah telur ayam, kocok, dadar tipis di atas teplon

How to:
1. Campurkan tahu, wortel, daun bawang+seledri, bumbu halus dan 2 butir telur ayam, aduk rata
2. Siapkan dadar telur, beri adonan tahu, ratakan dan beri sosis diatasnya. Gulung telur berisi tahu dan sosis
3. Kukus gulungan telur kurleb 15 menit agar tahu menjadi padat
4. Setelah matang angkat dan dinginkan
5. Goreng tahu gulung sampai kuning kecoklatan, angkat tiriskan
6. Potong dengan pisau tajam supaya ga berantakan ya..

Selese deh.
Bocil sukaaa, comat-comot deh. Hehe..

Iklan

[Resep] Tumis Kikil Paprika


image

Hehe, ga ada angin ga ada hujan tiba2 posting resep, :D. Kebetulan siang tadi sempet jepret2 hasil masakan, biasanya mah blek blek blek habis, males jepret2..hehe.

Ini adalah olahan kikil yg kesekian kalinya, meskipun jarang jg sih masak kikil. Ya karena abang sayur lagi bawa aja jadinya bikin tumis ini aja.

Bahan:
250g kikil mateng, tinggal motong kecil2 aja

Bumbu rajang:
5 buah cabe hijau besar iris serong
1 buah paprika kuning (optional) potong kecil
1 buah tomat potong kecil
1 tangkai pete isi 7 papan pete iris tipis
2 buah bawang putih cincang kasar
4 buah bawang merah iris tipis
1/2 bungkus Saori Saus Tiram
Gula merah secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya

How to: tinggal cemplung2 aja, hehe
1. Panaskan minyak, tumis bumbu rajang sampai harum, tambahkan sedikit air, aduk2.
2. Masukkan kikil, tambahkan Saori, kecap manis, garam, gula dan lada bubuk.
3. Aduk2 hingga layu dan mengental. Cicipi rasanya yaa.. hehe
Selese deh. ^_^
Saya kalo masak jarang ribet, semua tinggal cemplung2 beres. Soal rasa itu belakangan, haha. Yang penting beres dan rapi dulu baru deh evaluasi rasa, haha. Dasar Chef Abal-abal!!! 😀

Hafidz in Action


Hehe belakangan ini saya lagi seneng2nya nguprek aplikasi di smartphone saya, Cymera. 😀 Dan berikut adalah foto2 bocil yang berhasil saya buat mainan, haha…

image

Kebanyakan foto Hafidz emang pake singlet semua. Soalnya kalo di rumah suka keringetan, jadi dia lebih enjoy n nyaman pake singlet gitu deh..

image

Kalo yg ini  adalah kumpulan best capture, hehe dijadiin satu biar ga capek ngupload-in satu2, xixixi…

image

Yang ini photo belum lama, baru Minggu kemaren maen2 ke Depok Town Center.. ini jg cuma beberapa cepret..

image

Kalo yang ini adalah ‘aksi’ si bocil, sandal sepatu punya doi dimasukin ke tempat sampah semua, nyampe penuh. Ini terpaksa tempat sampah ga dipakr buat buang sampah, tapi buat ‘buang’ sandal n sepatu, :3

image

Yang ini adalah best moment pas pulkam kemaren, FYI itu adalah Om Wahyu, menakutkan ya wajahnya sampe Hafidz mringis2 mau nangis gitu, hahaha… *edisi belom kenal*

image

image

Yg ini best moment juga sehabis maghrib.. doi rajin ngrengek2 minta diambilin Al Quran.. :*

image

Dan ini adalah moment pertama kalinya doi berdiri *yg bisa saya jepret*..baru kemaren belom lama doi bisa berdiri sendiri tanpa pegangan selama semenit. Sebelumnya cm beberapa detik trus ambruk, ga jarang juga nyungsep wajah duluan yg nyium lantai.. 😀 tapi doi ga menyerah… hehe tetep semangaaat!!! ^_^

image

Ini yg terakhir ya, edisi mainan di bawah jemuran.. hehe..

Sekian keisengan saya, hehe *ketauan yg narsia sebenernya siapa ye?* bocil saya emang narsis, tapi tambah jadi narsis banget, soalnya diunggah di socmed sih, hahaha…

NB: rada berantakan ya? Maklum ini pake WP for Android soalnya.. 😛

Trial n Error (Lagi)


Kalo mau bisa dan maju, kudu tebal muka. Mau dibilang gosong, kurang mateng, kurang ini-itu itu wajar. Namanya juga belajar. 😛

Hari ini iseng aja bikin cake pandan, tepung premix yg saya beli bulan lalu belum sempet dibikin, jadi siang ini nyempet2in bikin.

Sebenernya uda sering nyobain bikin kue. Dari yg premix nyampe yg ngracik sendiri. Tapi yg paling bagus dari eksperimen kemaren2 adalah bronis kukus premix. Bisa ngembang dan khas bronis gitu deh. Eksperimen yg lain masih perlu ditambel-tambel lagi.

Dan siang ini hasilnya adalah gatot, tapi masih bisa dimakan sih. Dari awal bikin emang udah salah dan mud jadi buruk. Gimana engga, bocil saya ga suka suara mixer, jadinya nangis dan pgn nggulet terus. Kalo mau dipending nanggung, tapi kalo lanjut gimana, bocil saya ga mau main sendiri. Tiap mixer nyala pasti langsung manjat punggung saya, minta gendong.

Alhasil adonan belepotan nyampe mana-mana. Dan harusnya saya masukin ke cetakan kecil-kecil krn memang adonannya cukup banyak (500gr) sedangkan loyang bulat saya cuma kecil. Akhirnya dg sedikit emosi saya tuang semua adonannya. Dan seperti yg saya prediksi kuenya mbludak sampe kebawah teplon. Hiks, sedih.

30 menit berlalu, kue bagian atas ga mau mateng2. Akhirnya saya angkat paksa. Cuma lapisan paling atas yg masih basah, sedangkan bawah gosong sampe menghitam. *Mewek. Memang utk cake panggang recomended pake loyang yg ada bolong tengahnya, biar mateng rata. Padahal saya ini seriiiing banget nongkrong di grup masak, tapi kok ya ga sukses2, ini aja bikin cake yg tepungnya udah tinggal cemplung, huhuhu..

Akhirnya saya tumplek itu kue, saya potong bagian bawah dan atasnya dan tersisa bagian tengah yg matang. Hiks.. dengan berat hati saya sajikan untuk maksi suami saya. Huaaa merasa bersalah banget meskipun menurut saya rasanya masih bisa diterima lidah, hehe.

Saya nawarin ke Mas mau ga bawain buat temen kantor, dan katanya mau. Yey.. meskipun ga pede, tapi mau gimana lagi.. harus tebel muka kalo mau bisa! Saya siap deh dikritik, hehe sekalian biar kuenya habis.. haha *modus

Dan benar saja… teman kantor Mas komentar macem-macem.. gosong, belum mateng dll.. xixi jadi salting.. mau sedih atau ketawa. Kira2 ekspresi suami saya gimana ya… hehe..

Ya begitulah… saya ini kadang sayang bahan lho drpd eksperimen. Lha sedihnya emang gitu, uda berusaha trial n error tapi hasilnya ga ada yg makan. Daripada dibuang kan mending dikasihin ke tetangga atau temen kantor suami, biar dikomentari gitu, dan yg penting ga jadi dibuang. Itu selama makanannya masih bisa diterima lhoo.. kalo rasanya fatal banget ya ga mungkin saya kasihin ke orang, hehe. Karena itulah saya jaraaaang banget masak kue, soalnya ga ada yg makan, saya pun kalo uda bikin malah uda ga doyan makan. Hiks..

Jadi begitulah… hehe… semoga besok-besok hasil eksperimen saya bisa lebih baik lagi.. *entah kpn mau eksperimen lagi*

Gaji Pertama


Tiga tahun yang lalu tepatnya tanggal 10 Juni 2010, saya resmi bekerja di sebuah perusahaan elektronik di Batam. Kenapa begitu jauh? Hehe, soalnya ini adalah mimpi pertama saya selepas lulus sekolah menengah atas. Begitu jauh dari kota asal saya, Yogyakarta. Alesannya sangat klasik: ingin membantu orang tua plus belajar hidup mandiri.

Sekilas tentang kemandirian, di Batam saya hidup ber-enambelas satu kamar asrama. Kebayang kan betapa rame-nya kamar kami setiap hari. Enam-belas orang itu berbeda-beda, dari orang tua yang berbeda, otomatis sifatnya pun berbeda-beda. Unik memang, hidup rame-rame di kota orang, meskipun tak jarang selisih paham sering terjadi di antara kami, tapi alhamdulillaah bisa terselesaikan dan hidup damai selama dua tahun.

Oke, kembali ke pekerjaan.

Apa pekerjaan saya tiap harinya? Hehehe, awalnya saya khawatir pekerjaan saya akan begitu sulit. Tapi ternyata? Sangat gampang!! Cuma ngecek barang yang sudah jadi alias tukang Inspection barang-barang. Kalo banyak reject tinggal ngomel ke yang running (yang ngerjain), hahaha. FYI, bagian saya emang bikin barang-barang kuecil banget, segede kancing baju. Ada yang manual ada pula yang pake mesin. Dan dari sekian pekerjaan, saya rasa pekerjaan saya ini terlalu santai. Gimana engga coba, wong kadang saya bisa jalan kesana-kemari, bantuin running, malah kadang bisa sampe ketiduran kalo lagi shift malam. O iya, kebanyakan perusahaan di Batam pake sistem shift, yang mau ga mau pasti ada shift malamnya.

Kita tinggalkan pekerjaan.

Gaji tiap bulan di perusahaan saya biasanya jatuh pada tanggal 29, dan tutup buku di tanggal 10 tiap bulannya. Nah karena saya taken contract tanggal 10, jadi seharusnya saya gajian bulan depan, bulan Juli. Tapi entah kenapa tiba-tiba ada pemberitahuan bagi karyawan baru tanggal 29 Juni gaji sudah bisa diterima, alhamdulillaah. Karena saya memang Cuma dikasih ‘sangu’ 500 ribu doang. Jadi kalo sudah gajian ya alhamdulillaah banget, hehe.

Dan tanggal 29 Juni itu ternyata saya gajian 900 ribu-an (nominalnya lupa), ada di ATM saya. Gaji pertama saya ini langsung saya ambil beberapa, trus saya beliin adek kembar saya mukena anak untuk masing-masing. Itu karena adek saya ini belum punya mukena, jadilah saya belikan mukena anak seharga @60.000. Langsung paket deh ke Jogja, meskipun mihil banget ongkirnya, 25 ribu.

image

Adek kbar, Amanah

image

Satunya, Aminah

Jadi itulah yang saya berikan ke adek saya. Bulan pertama gajian saya belum bisa ngirim ortu, karena nominalnya hanya cukup buat hidup di Batam (harga pangan lebih mahal daripada di Jawa). Tapi alhamdulillaah bulan-bulan berikutnya bisa bantu orangtua meskipun sedikit serta bisa beli macam-macam barang yang saya inginkan, hehe

“Tulisan ini diikutsertakan dalam
Giveaway Berbagi Inspirasi
Bersama First Salary yang diadakan
oleh
www.wamubutabi.blogspot.com”

Negatif


Xixixixixi… nyengir dulu deh…

Hihihihi.. negatif apanya? Testpack??

Ini ni gara2 make Kontrasepsi Suntik 3 bulanan, jadinya gini nih hihihi sering was2 ga jelas gitu. Lah kok bisa? Kan udah KB?

Ini adalah cerita galau saya yang sudah kesekian kalinya. Hehehe.. pertama memutuskan untuk make KB itu ya karena desakan orangtua dan sahabat2 dekat. Kasihan Hafidz, konsen dulu lah ngurus Hafidz, biar hak-nya sebagai anak terpenuhi. Dan akhirnya setelah diskusi panjang (malahan sebelum lahiran juga uda dibahas sama suami), saya memutuskan make kontrasepsi. Milih metodenya aja pusing, kudu milah2 dulu. Sebenernya pengen yang KB alami menyusui itu lho.. tapi sayangnya masa subur saya udah keburu dateng, jadi ga bisa deh, hiks..

Mau make Spiral ato IUD, saya ngeriiiiii.. begitupun sama suami. Katanya ngeri aja ada sesuatu barang ‘asing’ yang menghuni rahim. Mau make pil laktasi takut lupa juga, dan saya juga ga suka minum pil. Pake suntik 1 bulanan malah lebih mikir2 lagi, selain bikin seret ASI, saya juga takut suntiiiikk,, (>,<) Jadilah saya make suntik 3 bulanan.

Suntik pertama sekitar 1 bulan sehabis nifas, bulan pertama efeknya ga ada, eh ada dink. Haid tapi lamaaa banget, nyampe 2 mingguan. Tapi selama 3 bulan itu setiap bulan saya dapet haid, jadi tenang aja, berarti ga hamil, wakakaka.. ;D

Nah, yang bikin was2 itu, ketika suntik yang kedua ini, sampai saat ini kok ga haid2, makin penasaran aja saya. Deg-deg-deg gitu deh. Meskipun kalo hamil juga ga papa, cuma saya n suami pengen konsen dulu gitu sama Hafidz. Hihihi bawaannya jadi galau gitu deh. Hamil apa ga ya?

Selama seminggu belakangan bawaannya galaaaaauuu terus..penasaran gitu. Mau beli testpack belom sempet2, hihihi. Dan kemaren saya sempetin beli, seekalian beli 2 pcs, buat serep.. wakakaka…

Dan hasilnya?

NEGATIF

Sambil cengar-cengir saya tunjukin tuh hasilnya sama si Mas. Hehehe, jadi lega aja. Ga kebayang bakalan gimana kalo sundulan, meskipun pastinya juga bakalan dijalani juga. Karena saya juga sundulan sama mbak saya, jadi saya ngertilah gimana rasanya. Yang satu menangan dan yang satu kalahan. Yang menangan itulah saya, hihihi. Ya, alhamdulillaahnya Allah masih memberi saya kesempatan ngurus Hafidz dengan penuh perhatian.

Geli deh kalo inget, hehehehe

 

Sesuatuu…


Mendadak pagi ini iseng nongkrong di KEB, nemu list GA. Nah, disitu ada link GA yg pernah saya ikutin (ada disini juga postingannya). Iseng2 nengok pengumuman pemenang yg diumumin sejak tanggal 19 kemaren. Awalnya saya ga minat banget nengok pengumumannya, soalnya ikutnya juga cuma iseng, abal2 n berantakan gitu deh. Ah, pasti ga menang kayak GA yg sudah2.

Eeee.. ternyata nengok postingannya kok ada nama saya nangkring disana.. alhamdulillaah.. kaget banget, baru sekali ini ikutan dpt award ngeblog. Meskipun cuma pulsa 5ribu, tapi bikin seneng aja, hehehe..

Makasih ya mbak Unni dan Tunni.. hehehe..