[Resep] Acar Kuning


Yuhuuu… lagi hobi bikin postingan berbau resep nih. Kebetulan kemaren ada baby buncis yg menggoda utk dibikin acar kuning.. yummm… apalagi kemaren puasa, jadi buka puasanya mantep pake ayam goreng plus acar kuning yg pedes, hehe.Kali ini saya mau bagi2 resep acar kuningnya. Yang biasanya buat pelengkap itu lho.. tapi bagi saya ini udah termasuk lauk alias tumis.,hihi. Ini acar kuning pertama yg pernah saya bikin, sumbernya dari berbagai blog di google, hehe dan berikut adalah hasil modifikasi saya.

image

Bahan acar:
Segenggam buncis muda (baby buncis) potong serong panjang
2 buah wortel uk sedang, potonv korek api
2 buah labu siam uk kecil, potong korek api
1 buah timun uk sedang potong korek api
5 buah cabe rawit utuh
4 buah bawang merah utuh

Bumbu halus:
4 buah cabe merah keriting
4 buah bawang merah
3 buah bawang putih
2 buah kemiri
Seruas kunyit
Seruas jahe, geprek
Seruas lengkuas, geprek
Garam, gula dan cuka (boleh ditambah penyedap)
Air secukupnya

How to:
1. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan air, aduk2
2. Masukkan wortel dan labu siam, tunggu hingga agak layu
3. Masukkan buncis dan timun, aduk2
4. Tambahkan gula, garam, penyedap dan air cuka
5. Tumis hingga matang. Hati2 buncisnya jgn terlalu lama, krn rentan overcook. Jadi tumis sebentar saja agar buncis tetep renyah.

image

Selesaiii… acar kuning siap disantap bersama lauk utama seperti ayam goreng, ikan goreng, ikan bakar dll. Rasanya yummy… puas bikin sendiri karena banyak, haha…

Sekian resep hari ini, semoga bermanfaat.. 🙂

Iklan

[Resep] Tahu Gulung Isi Sosis


image

Hehe, ini adalah masakan kedua yg saya eksekusi hari ini. Sumber dari blognya mbak Endang, JTT (gbs nge-link hiks). Cara bikinnya simpel banget sebenernya, tapi bagi saya ini rada ribet dikit. Hehe, yuk intip…

Bahan:
5 buah tahu putih ukuran sedang, haluskan dan peras sampai airnya habis
2 buah wortel ukuran kecil, serut
Sehelai daun bawang n seledri iris tipis
2 buah telur ayam
4 buah sosis ayam

Bumbu halus, takarannya sesuai selera aja ya..hehe
-Bawang putih
-Merica
-Kemiri
-Garam

Bahan kulit:
2 buah telur ayam, kocok, dadar tipis di atas teplon

How to:
1. Campurkan tahu, wortel, daun bawang+seledri, bumbu halus dan 2 butir telur ayam, aduk rata
2. Siapkan dadar telur, beri adonan tahu, ratakan dan beri sosis diatasnya. Gulung telur berisi tahu dan sosis
3. Kukus gulungan telur kurleb 15 menit agar tahu menjadi padat
4. Setelah matang angkat dan dinginkan
5. Goreng tahu gulung sampai kuning kecoklatan, angkat tiriskan
6. Potong dengan pisau tajam supaya ga berantakan ya..

Selese deh.
Bocil sukaaa, comat-comot deh. Hehe..

[Resep] Tumis Kikil Paprika


image

Hehe, ga ada angin ga ada hujan tiba2 posting resep, :D. Kebetulan siang tadi sempet jepret2 hasil masakan, biasanya mah blek blek blek habis, males jepret2..hehe.

Ini adalah olahan kikil yg kesekian kalinya, meskipun jarang jg sih masak kikil. Ya karena abang sayur lagi bawa aja jadinya bikin tumis ini aja.

Bahan:
250g kikil mateng, tinggal motong kecil2 aja

Bumbu rajang:
5 buah cabe hijau besar iris serong
1 buah paprika kuning (optional) potong kecil
1 buah tomat potong kecil
1 tangkai pete isi 7 papan pete iris tipis
2 buah bawang putih cincang kasar
4 buah bawang merah iris tipis
1/2 bungkus Saori Saus Tiram
Gula merah secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Kecap manis secukupnya

How to: tinggal cemplung2 aja, hehe
1. Panaskan minyak, tumis bumbu rajang sampai harum, tambahkan sedikit air, aduk2.
2. Masukkan kikil, tambahkan Saori, kecap manis, garam, gula dan lada bubuk.
3. Aduk2 hingga layu dan mengental. Cicipi rasanya yaa.. hehe
Selese deh. ^_^
Saya kalo masak jarang ribet, semua tinggal cemplung2 beres. Soal rasa itu belakangan, haha. Yang penting beres dan rapi dulu baru deh evaluasi rasa, haha. Dasar Chef Abal-abal!!! 😀